PENGARUH VARIABEL MAKRO DAN HARGA KOMODITAS TAMBANG TERHADAP HARGA SAHAM SEKTOR PERTAMBANGAN DI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA (ISSI)

Listya Endang Artiani, Citra Utami Puspita Sari

Abstract


Abstrak: Penelitian ini menjelaskan pengaruh variabel makroekonomi yaitu inflasi dan kurs rupiah dan harga komoditas tambang yaitu harga minyak mentah dunia dan harga batubara dunia dalam mempengaruhi harga saham sektor pertambangan di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI). Data yang digunakan ialah data sekunder dengan menggunakan analisis data panel.
Hasil analisis data dengan menunjukkan bahwa variabel inflasi memiliki pengaruh signifikan negatif, kurs rupiah terhadap dolar AS tidak memiliki pengaruh signifikan, harga minyak mentah dunia memiliki pengaruh positif, dan harga batubara dunia memiliki pengaruh signifikan positif. Secara simultan keempat variabel memiliki pengaruh yang signifikan, sedangkan secara parsial hanya kurs rupiah terhadap dolar AS tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap harga saham sektor pertambangan di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI).

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35334/jek.v10i2.763

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ekonomika



Fakultas Ekonomi, Universitas Borneo Tarakan, Jl. Amal Lama No. 1 Tarakan. Kalimantan Utara.

Email: ekonomika@borneo.ac.id

Lisensi Creative Commons

Jurnal Ekonomika is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License