STRATEGI PEMASARAN USAHA KOPRA PUTIH DI DESA MANGGAR RAYA KECAMATAN TANJUNG LAGO KABUPATEN BANYUASIN PROVINSI SUMATERA SELATAN

Harniatun Iswarini, Puri Pratami Ardina Ningrum, Eka Setiawati

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan untuk bertujuan mengetahui faktor-faktor internal dan eksternal pemasaran kelapa dalam bentuk kopra putih di Desa Manggar Raya Kecamatan Tanjung Lago Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan dan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan petani dalam memasarkan usaha kopra putih kelapa di Desa Manggar Raya Kecamatan Tanjung Lago. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Manggar Raya Kecamatan Tanjung Lago pada bulan Agustus-Oktober 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey, sedangkan metode penarikan contoh digunakan dalam penelitian ini adalah metode Sensus. Metode pengolahan editing, coding, tabulating dan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini diketahui bahwa faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pemasaran kopra putih yaitu Faktor Internal (Kekuatan): modal usaha, kualitas produk, limbah kopra masih memiliki nilai dan proses pengolahan sederhana. Faktor Internal (Kelemahan): tempat penyimpanan kopra kurang layak, tempat mencungkil kopra kurang layak dan Harga Yang Fluktuasi dengan total IFAS sebesar 3,26. Kemudian Faktor Eksternal (Peluang): minat pembeli tinggi, pemasaran kopra mudah dan Harga produk. Faktor Eksternal (Ancaman): pesaing usaha kelapa mentah, Harga bahan baku dan cuaca yang tidak stabil mempengaruhi produksi dengan total EFAS sebesar 2,99.

 

Kata Kunci: Kelapa Putih, Kopra, EFAS


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35334/jpen.v5i2.2820

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 J-PEN Borneo : Jurnal Ilmu Pertanian

      P-ISSN :                         E-ISSN :                                  Affiliation :

                           


Creative Commons License
All publications in J-PEN Borneo : Jurnal Ilmu Pertanian are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.