BUDIDAYA TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.) DI MEDIA TAILING PASCA TAMBANG TIMAH DENGAN PERLAKUAN LEBAR SUMBU IRIGASI SISTEM GROWICK

Lusty Febrianti, Ismed Inonu, Tri Lestari

Abstract


Sistem irigasi growick merupakan sistem irigasi yang berada di bawah tanah dengan prinsip kapilaritas. Penggunaan lebar sumbu dalam sistem growick mampu memenuhi kebutuhan air di media tailing pasca tambang timah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lebar sumbu terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman selada di media tailing pasca tambang timah dengan menggunakan media irigasi growick. Penelitian   dilaksanakan pada bulan Maret hingga Juni 2021. Tempat Penelitian di Kebun Percobaan dan Penelitian, Fakultas Pertanian Perikanan dan Biologi, Universitas Bangka Belitung. Penelitian dilakukan menggunakan metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 taraf perlakuan. Perlakuan terdiri atas penyiraman secara langsung (kontrol), lebar sumbu 0,5 cm, lebar sumbu 1,5 cm, lebar sumbu 2,5 cm, dan lebar sumbu 3,5 cm. Lebar sumbu berpengaruh sangat nyata terhadap parameter tinggi tanaman dan volume air yang digunakan, serta berpengaruh nyata terhadap parameter bobot basah akar. Lebar sumbu dengan sistem irigasi growick di media tailing cenderung memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan pada parameter tinggi tanaman dan bobot basah akar, dan tidak memberikan pengaruh terhadap hasil tanaman selada. Pertumbuhan dan hasil tanaman selada pada perlakuan lebar sumbu 0,5 cm cenderung lebih baik daripada perlakuan lebar sumbu lainnya di media tailing pasca tambang timah dengan menggunakan sistem irigasi growick.

 

Kata kunci : Kapilaritas, Lebar Sumbu, Sistem Irigasi Growick, Tailing

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35334/jpen.v5i2.2974

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 J-PEN Borneo : Jurnal Ilmu Pertanian

      P-ISSN :                         E-ISSN :                                  Affiliation :

                           


Creative Commons License
All publications in J-PEN Borneo : Jurnal Ilmu Pertanian are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.