PENGARUH CARA PEMBERIAN Trichoderma harzianum DAN DOSIS YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN BAWANG MERAH (Allium cepa. L)

Muh Ruslan, Muhanniah Muhanniah, Fenny Hasanuddin

Abstract


Pemanfaatan T. harzianum menguntungkan, baik secara langsung maupun tidak langsung dalam membantu pertumbuhan tanaman merupakan peluang yang sangat besar dalam melestarikan kesuburan dan produktivtas tanah. Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh cara pemberian T. harzianum pada pertumbuhan dan produksi tanaman bawang merah dan mengetahui pengaruh dosis T. harzianum pada pertumbuhan dan produksi tanaman bawang merah. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai Juli 2023 yang berlokasi di desa Bulo, kecamatan Panca Rijang, kabupaten Sidrap, adapun perlakuan dari penelitian ini yaitu c1 pemberian T. harzianum dengan cara penyemprotan, c2 pemberian T. harzianum dengan cara penyiraman, k0 tanpa T. harzianum (control), k125 gram T. Harzianum, k2 30gram T. harzianum. Hasil penelitian menunjukkan pemberian T. harzianum dengan cara penyemprotan memberikan hasil terbaik terhadap panjang daun, jumlah daun, dan bobot umbi dan pemberian T. harzianum dengan dosis 30 gram memberikan hasil terbaik terhadap panjang daun, jumlah daun, dan bobot umbi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35334/jpen.v7i1.5155

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 J-PEN Borneo : Jurnal Ilmu Pertanian

      P-ISSN :                         E-ISSN :                                  Affiliation :

                           


Creative Commons License
All publications in J-PEN Borneo : Jurnal Ilmu Pertanian are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.