PEMANFAATAN PENGOLAHAN LIMBAH JERAMI PADI SEBAGAI PAKAN TERNAK PADA KELOMPOK TANI PADAELO II, DESA TONRONG RIJANG KECAMATAN BARANTI

Ayu Wulandary, Nurul Fitriyah, Nur Aqidah, Muhammad Asrul, Muh Aras

Abstract


Kajian pemanfaatan limbah jerami sebagai pakan ternak sapi di Kabupaten Sidenreng Rappang, Kecamatan Baranti, Desa Tonrorijang bertujuan untuk mengintroduksikan teknologi pakan sapi berbasis jerami padi. Prosedur penelitian yang dilakukan meliputi kordinasi dengan dinas pertanian dan peternakan serta kantor bpp baranti dimaksud untuk mengetahui permasalahan dan kebutuhan teknologi, pembuatan fermentasi jerami padi dengan menggunakan probiotik, pembuatan urea molases em 4. Sapi yang digunakan sebanyak 4 ekor berdasarkan berat badan sekitar 100-300 kg. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif dalam pengkajian pemanfaatan limbah jerami padi sebagai pakan ternak. Hasil penelitian dalam pembuatan pakan ternak sapi dari jerami padi dengan komposisi urea 400 gram, jerami 10 kg, dedak 500 gram, molases 600 gram, air 1 liter, EM4 100 ml. Hal ini mampu memberikan manfaat kepada masyarakat dalam pemanfaatan limbah jerami padi.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35334/jpen.v7i1.5160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 J-PEN Borneo : Jurnal Ilmu Pertanian

      P-ISSN :                         E-ISSN :                                  Affiliation :

                           


Creative Commons License
All publications in J-PEN Borneo : Jurnal Ilmu Pertanian are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.