Sistem Informasi Berkah Bersama Berbasis Website (Studi Kasus: Divisi Umum dan Keuangan Perusahaan Berkah Bersama)

Sefhia Febriana Budiarti, Khairul Anwar Hafizd, Yunita Prastyaningsih

Abstract


Pengelolaan data menjadi hal yang penting untuk dapat menghasilkan informasi yang berguna. Perusahaan Berkah Bersama melakukan pengelolaan data secara terkomputerisasi, tetapi antar data tidak terintegrasi sehingga terjadi penginputan data yang sama berulang kali. Hal tersebut tentunya tidak efisien dan efektif. Permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yaitu membuat sistem informasi untuk pengelolaan data. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sistem informasi untuk studi kasus divisi umum dan keuangan agar membantu dalam membuat laporan administrasi dan mengetahui sisa kas perusahaan. Penelitian ini menggunakan model incremental untuk pengembangan sistem, ERD untuk perancangan database, UML untuk perancangan sistem, dan pembangunan sistem menggunakan framework CodeIgniter. Hasil penelitian ini berupa Sistem Informasi Berkah Bersama Berbasis Website (Studi Kasus Divisi Umum dan Keuangan) yang berfungsi untuk melakukan pengelolaan data terkait bagian umum dan keuangan di Perusahaan Berkah Bersama. Berdasarkan pengujian dengan metode Black-Box Testing semua fitur yang ada di sistem yaitu tambah, edit, hapus, dan cetak data berhasil berjalan sesuai dengan fungsinya.


Keywords


Pengelolaan Data; Umum dan Keuangan; Sistem Informasi; Website

Full Text:

PDF

References


Anna, Nurmalasari, & Yusnita, A. E. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaran Kas pada Kantor Camat Pontianak Timur. JURNAL KHATULISTIWA INFORMATIKA, 107-118.

Juniari, I. G., Estiyanti, N. M., & Satwika, I. P. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Penerimaan Dan Pengeluaran Kas Berbasis Website Pada PT. Pilar Bali Utama. Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 105-116.

Mustaqbal, M. S., Firdaus, R. F., & Rahmadi, H. (2015). PENGUJIAN APLIKASI MENGGUNAKAN BLACK BOX TESTING BOUNDARY VALUE ANALYSIS (STUDI KASUS : APLIKASI PREDIKSI KELULUSAN SMNPTN). Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, 31-36.

Rosa, & Shalahuddin, M. (2018). REKAYASA Perangkat Lunak: Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.

Tedja, R. T. (2019, Juli 2). Software Development Model: Incremental Model. Retrieved from Binus University: https://sis.binus.ac.id/

Yanto, R. (2016). Manajemen Basis Data Menggunakan MySQL. Yogyakarta: Deepublish (CV. Budi Utama).

Hapsari, Neosa Tyas. 2014. “PENGEMBANGAN SISTEM PENDATAAN PENJUALAN TUNAI DAN PENERIMAAN KAS PADA TOKO 7 KOMPUTER.â€

PT. Pilar Bali Utama. 2021. “A Limited Liability Company in Indonesia.†Retrieved (https://companieshouse.id/pilar-bali-utama).

Dwijayanti, A., & Pramesti, P. (2021). Pemanfaatan Strategi Pemasaran Digital menggunakan E-Commerce dalam mempertahankan Bisnis UMKM Pempek4Beradek di masa Pandemi Covid-19. Ikra-Ith Abdimas, 4(2), 68-73.

Zobeidi, T., Yaghoubi, J., & Yazdanpanah, M. (2022). Farmers’ incremental adaptation to water scarcity: An application of the model of private proactive adaptation to climate change (MPPACC). Agricultural Water Management, 264, 107528.




DOI: https://doi.org/10.35334/jbit.v2i1.2721

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

logo jbit 

Address:

Gedung Dekanat, Fakultas Teknik, Universitas Borneo Tarakan. Jl. Amal Lama No. 1, Tarakan, Kalimantan Utara, Indonesia. Kodepos: 77123.
Email: jbit@borneo.ac.id

Creative Commons License

All publications

by JBIT (Jurnal Borneo Informatika dan Teknik Komputer)

are licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

External Link:
Official Web CE UBT