Implementasi SDLC Waterfall dalam Pembuatan Game Edukasi Heroes of Harmony “HOH†Menggunakan RPG Maker Mv

Danang Tri Laksono, Daniel Swanjaya, Resty Wulaningrum

Abstract


The development of technology and games is currently experiencing very rapid development, both online and offline games. In general, games are applications that turn human life into software. Role-playing games (RPGs) are games that contain a complex story and elements of the art of role-playing that make you feel like a character in a game. It is based on the problem of designing and building the game Heroes of Harmony with RPG Maker MV. The research method used to make this RPG game is software development life cycle (SDLC) Waterfall where the research stages are in the form of software requirements analysis, design stage, program code generation, unit testing. The requirements planning stage identifies the application or system objectives and identifies the information requirements to achieve these objectives. The design process phase includes improvements when there are still design differences between the design process and the users and analysts.

 

Perkembangan teknologi dan game saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat  baik game online maupun offline. Secara umum, game adalah aplikasi yang mengubah kehidupan manusia menjadi perangkat lunak. Role-playing game (RPG) adalah game yang berisi cerita kompleks dan elemen seni role-playing yang membuat Anda merasa seperti karakter dalam game. Hal ini didasarkan pada  masalah merancang dan membangun game Heroes of Harmony dengan RPG Maker MV. Metode penelitian yang digunakan untuk membuat game RPG ini adalah software development life cycle (SDLC) Waterfall dimana tahapan penelitian berupa analisis kebutuhan perangkat lunak, tahap desain, pembuatan kode program, pengujian unit. Tahap perencanaan kebutuhan mengidentifikasi tujuan aplikasi atau sistem dan mengidentifikasi kebutuhan informasi untuk mencapai tujuan tersebut. Tahap proses desain meliputi perbaikan ketika masih ada perbedaan desain antara proses desain dan pengguna dan analisis.


Keywords


Edukasi; Game; SDLC; RPG Maker Mv

Full Text:

PDF

References


Firmansyah, Yoki, and Jamilah Jamilah. 2018. “Implementasi SDLC Waterfall Dalam Pembuatan Game Edukasi Perjuangan Indonesia Hisotira Menggunakan Rpg Maker Mv Berbasis Android.†Jurnal Khatulistiwa Informatika 6(2).

Hasanah, Nafisatul, and M. Nahrul Indriawan. 2021. “Rancangan Aplikasi Batam Travel Menggunakan Metode Software Development Life Cycle (SDLC).†CoMBInES - Conference on Management, Business, Innovation, Education and Social Sciences 1(1):925–38.

Hidayat, Taufik, Asep Hidayatullah, and Rina Agustini. 2019. “Kajian Permainan Edukasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.†Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 6(2):59–68.

Mutiah, Diana. 2015. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Kencana.

Prabowo, Mei. 2020. Metodologi Pengembangan Sistem Informasi. LP2M Press IAIN Salatiga.

Pradana, Awang, Arif Fadllullah, Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Borneo Tarakan, and Grafika Komputer. 2020. “Mekanika Fisika Untuk Gerak Objek 3D Berbasis Opengl.†9(3).

Safitri, Nadya, and Rully Pramudita. 2018. “Pengujian Black Box Menggunakan Metode Cause Effect Relationship Testing.†INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS: Journal of Information System 3(1):101–10.

Saputri, Fiqih Hana, and Dian Pratiwi. 2016. “Pembuatan Game RPG ‘Roro Jonggrang’ Dengan RPG Maker MV.†Pp. 1–9 in PROSIDING SEMINAR NASIONAL CENDEKIAWAN.

Sari, Ni Made Purnia, Ni Made Estiyanti, and Anak Agung Ayu Putri Ardyanti. 2019. “Pengembangan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Dan Penerimaan Kas Berbasis Web Pada Koki Restaurant Sanur.†Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Sistem Informasi 8(3):161–72.

Septiani, Khusnul Rahmah Eka, and Fatah Yasin Al Irsyadi. 2020. “Game Edukasi Tari Tradisional Indonesia Untuk Siswa Tunarungu Kelas VI Sekolah Dasar.†Jurnal Teknik Informatika (JUTIF) 1(1):7–12.

Wahyuningrum, Ratih, and Suhendra Dinata. 2019. “PEMBUATAN APLIKASI GAME ARAL RINTANG JALAN BERBASIS ANDROID.†Jurnal Esensi Infokom: Jurnal Esensi Sistem Informasi Dan Sistem Komputer 3(2):18–26.




DOI: https://doi.org/10.35334/jbit.v2i2.2844

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

logo jbit

Address:

Gedung Dekanat, Fakultas Teknik, Universitas Borneo Tarakan. Jl. Amal Lama No. 1, Tarakan, Kalimantan Utara, Indonesia. Kodepos: 77123.
Email: jbit@borneo.ac.id

Creative Commons License

All publications

by JBIT (Jurnal Borneo Informatika dan Teknik Komputer)

are licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

External Link:
Official Web CE UBT