Rancang Bangun Alat Deteksi Formalin Pada Ikan Pindang Menggunakan Metode Fuzzy Logic

Yasinta Rosmawati, Muhammad Taufiqurrohman

Abstract


Pindang fish is a processed form of fish that has a distinctive taste besides that the price is cheap so that it is widely consumed by the public, but this product quickly decays.  In the preservation of pindang fish, a lot of cheating is done by adding harmful substances, namely formalin, formalin if consumed in the long term will cause various diseases, for example causing stomach irritation, allergies, charismogenics and even death. In the formalin detection study in pindang fish, testing will be carried out using 10 pindang fish. In this study, a tool will be designed to detect formalin in pindang fish by utilizing electronic nose(e-nose),  technology, this tool will be equipped with several gas sensors HCHO, sensors MQ-3, and TGS 2611 to detect formalin content in pindang fish and processed by arduino Mega 2560 R3 microcontrollers, as well as displaying information in the form of safe, alert and unsafe indicators obtained from the fuzzy logic mamdani process implemented in the Arduino Mega 2560 R3microcontroller. From this research, it is hoped that it will make it easier for the public to detect formalin in pindang fish.

 

Ikan pindang  merupakan suatu bentuk olahan ikan yang memiliki cita rasa yang khas disamping itu harganya murah sehingga banyak di konsumsi oleh masyarakat, namun produk ini cepat mengalami pembusukan.  Dalam pengawetan ikan pindang banyak dilakukan kecurangan dengan menambah zat berbahaya yaitu formalin, Formalin jika dikonsumsi dalam jangka panjang akan menyebabkan berbagai penyakit misalnya menyebabkan iritasi lambung, alergi, karisnogenik bahkan kematian. Pada penelitian deteksi formalin pada ikan pindang akan  dilakukan pengujian dengan menggunakan 10 ikan pindang. Pada penelitian ini akan dirancang sebuah alat untuk mendeteksi formalin pada ikan pindang dengan memanfaatkan teknologi electronic nose (e-nose), pada alat ini akan dilengkapi dengan beberapa sensor gas yaitu sensor  HCHO, sensor MQ-3, dan TGS 2611 untuk mendeteksi kandungan formalin pada ikan pindang dan di proses oleh mikrokontroler Arduino Mega 2560 R3, serta menampilkan informasi berupa indikator aman, waspada dan tidak aman yang diperoleh dari proses fuzzy logic mamdani. Dari penelitian ini dengan diterapkanya metode fuzzy logic untuk mengindentifikasi kondisi dari ikan pindang didapatkan tingkat ketelitian alat mencapai 92%.


Keywords


Formalin; Ikan Pindang; Sensor Gas; Fuzzy Logic

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35334/jbit.v2i2.2866

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

logo jbit 

Address:

Gedung Dekanat, Fakultas Teknik, Universitas Borneo Tarakan. Jl. Amal Lama No. 1, Tarakan, Kalimantan Utara, Indonesia. Kodepos: 77123.
Email: jbit@borneo.ac.id

Creative Commons License

All publications

by JBIT (Jurnal Borneo Informatika dan Teknik Komputer)

are licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

External Link:
Official Web CE UBT