Implementasi Metode PXP dan OOAD dalam Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Praktik Kerja Lapangan di SMKN 2 Balikpapan

Brigita Marshelinne Lengkono, Nur Fajri Azhar, Tegar Palyus Fiqar

Abstract


SMKN 2 Balikpapan is one of the state vocational high schools in Balikpapan that organizes Field Work Practice (PKL) programs to support student’s development in the world of work. In the current process of implementing the PKL program at SMKN 2 Balikpapan, the procedure for PKL submission is still done manually by filling out a paper form and managing it  only  using  Microsoft  Excel.  SMKN-2  Balikpapan  also  does  not  yet  have  an  information system  dedicated  to  managing  PKL  data.  Therefore,  a  PKL  management  information  system was  developed  to  facilitate  the  PKL  data  management  process  by  applying  the  Personal Extreme Programming (PXP) method, which consists of seven stages: requirements, planning, iteration initialization, design, implementation, system testing, and retrospective. Analysis and Design (OOAD) at the planning stage in the PXP method so that the system flow can be easily understood. In this study, 73 user stories were developed through five iterations. The features developed  are  the  PKL  student  data  feature,  the  PKL  application  feature,  the  DU/DI  reply confirmation feature, the placement feature, the PKL assessment feature, and so on. Testing for all  features  has  been  successful,  accepted  by  stakeholders,  and  uploaded  to  SMKN  2 Balikpapan's hosting service. 


SMKN  2  Balikpapan  merupakan  salah  satu  sekolah  menengah  kejuruan  negeri  di Balikpapan  yang  menyelenggarakan  program  Praktik  Kerja  Lapangan  (PKL)  untuk mendukung perkembangan siswa dalam dunia kerja. Pada proses pelaksanaan program PKL di SMKN 2 Balikpapan saat ini, prosedur pengajuan PKL masih dilakukan secara manual dengan mengisi  sebuah  formulir  berupa  kertas  dan  pengelolaannya  hanya  dengan  menggunakan Microsoft Excel. SMKN 2 Balikpapan juga belum memiliki sistem informasi yang dikhususkan untuk mengelola data PKL. Oleh sebab itu, sistem informasi manajemen PKL dikembangkan agar  memudahkan  proses  pengelolaan  data  PKL  dengan  menerapkan  metode  PXP  (Personal Extreme  Programming)  yang  terdiri  atas  7  tahap  yaitu  requirements,  planning,  iteration initialization,  design,  implementation,  system  testing,  dan  retrospective,  serta  menerapkan metode  OOAD  (Object  Oriented  Analysis  and  Design)  pada  tahap  planning  dalam  metode PXP  sehingga  alur  sistem  dapat  dipahami dengan  mudah. Pada  penelitian  ini,  dikembangkan 73 user story yang melalui 5 iterasi. Fitur yang dikembangkan yaitu fitur data siswa PKL, fitur pengajuan  PKL,  fitur  konfirmasi  balasan  DU/DI,  fitur  penempatan,  fitur  penilaian  PKL,  dan lain  sebagainya.  Pengujian  untuk  keseluruhan  fitur  telah  berhasil  dan  diterima  oleh stakeholder, serta telah diunggah pada layanan hosting milik SMKN 2 Balikpapan.


Keywords


object oriented analysis and design; personal extreme programming; praktik kerja lapangan; sistem informasi;

Full Text:

PDF

References


Cahyanti, S. D., & Indriayu, M. (2018). Implementasi Program Link and Match dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri pada Lulusan Pemasaran SMK Negeri 1 Surakarta. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 4(2).

Hakiki, M., Fadli, R., Putra, Y. I., & Pertiwi, I. P. (2021). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Berbasis Sekolah Sma Negeri 1 Muara Bungo. Jurnal Muara Pendidikan, 6(1), 50-57.

Hardiansyah, R., Afiuddin, A. E. dan Hasin, M. K. (2019) “Perancangan dan Pembuatan Sistem Informasi Penyimpanan Data Limbah B3 Menggunakan Metode Personal Extreme Programming (PXP) di Industri Asam Fosfat,†Conference Proceeding on Waste Treatment Technology, 2(1), 149–154.

Iflahah, D., Aknuranda, I., & Setiawan, N. Y. (2018). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Rekam Medis Poli Gigi (Studi Kasus: Puskesmas Sumbersari Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN, 2548, 964X.

Loilatu, S. H., Rusdi, M., & Musyowir, M. (2020). Penerapan sistem informasi manajemen pendidikan dalam proses pembelajaran. Jurnal Basicedu, 4(4), 1408-1422.

Lontoh, P. R., Sambul, A. M., & Wowor, H. (2021). Aplikasi Inventory Obat-Obatan Berbasis Web di Pusat Kesehatan Masyarakat. Jurnal Teknik Informatika, 16(4), 437-446.

Purwaningtias, F. P. (2018). E-Commerce Penjualan berbasis metode ooad. Jurnal Cendikia, 16(1 April), 1-5.

Pratama, A., & Fajraini, R. (2021). Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Praktek Kerja Lapangan Di SMKN 2 Padang Panjang. Jurnal Pustaka Data (Pusat Akses Kajian Database, Analisa Teknologi, dan Arsitektur Komputer), 1(1), 42-47.

Rahmawati, N. A., & Bachtiar, A. C. (2018). Analisis dan perancangan sistem informasi perpustakaan sekolah berdasarkan kebutuhan sistem. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 14(1), 76-86.

Sandiwarno, S. (2018). Design Model of Bus Ticketing by Seating At Pt. Xyz. International Journal Of Computer Science And Mobile Computing A Monthly Journal Of Computer Science And Information Technology, 1-7.




DOI: https://doi.org/10.35334/jbit.v3i1.3268

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

logo jbit

Address:

Gedung Dekanat, Fakultas Teknik, Universitas Borneo Tarakan. Jl. Amal Lama No. 1, Tarakan, Kalimantan Utara, Indonesia. Kodepos: 77123.
Email: jbit@borneo.ac.id

Creative Commons License

All publications

by JBIT (Jurnal Borneo Informatika dan Teknik Komputer)

are licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

External Link:
Official Web CE UBT