PELATIHAN PEMBUATAN MAKANAN FORMULA BALITA DARI BAHAN BAKU IKAN BANDENG UNTUK MENINGKATKAN GIZI BALITA DI WILAYAH PESISIR SELUMIT PANTAI KOTA TARAKAN

Nurasmi Nurasmi, Yuni Retnowati

Abstract


Terjadinya gangguan pertumbuhan dan perkembangan balita yang akan berdampak pada status gizi balita dimasa yang akan datang karena terjadi penurunan daya tahan tubuh, penurunan nafsu makan, tingkat intelegensia, kemampuan verbal dalam berinteraksi sosial dan kesulitan dalam mengingat informasi, menganggu kemampuan balita dalam memecahkan masalah dan dapat mengurangi kreativitas dan daya cipta pada usia berikutnya. Pemberian nutrisi yang lengkap dan seimbang pada masa anak-anak akan memperbanyak pertumbuhan jumlah sel-sel otak. Kandungan gizi ikan sangat bagus untuk membantu perkembangan otak anak dan memaksimalkan tumbuh kembang anak. Salah satu sumber gizi untuk kecerdasan anak adalah ikan. Salah satu komoditi perikanan yang di budidaya di Kota Tarakan yaitu ikan bandeng. Permasalahan balita dalam konsumsi ikan salah satunya adalah dari cara pengolahannya. Untuk itu perlu dilakukan pengolahan ikan dalam bentuk yang lebih menarik bagi balita. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan pelatihan pembuatan makanan formula  balita dari bahan baku ikan bandeng untuk meningkatkan gizi balita di wiayah pesisir selumit pantai kota Tarakan.

Keywords


balita; ikan bandeng; makanan formula; Selumit Pantai

Full Text:

PDF

References


Rona, F & Delmi. (2015). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Status Gizi Anak Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Nanggalo Padang. Jurnal Kesehatan Andalas.

UNICEF, Achieving MDGs through RPJMN.Nutrition Workshop, Jakarta: Bappenas; 2009.

Asian Development Bank. Draft design and monitoring framework: Project number 38117: Nutrition improvement through community empowerment. Manila: Asian Development Bank; 2006.

Soetjiningsih. Tumbuh kembang anak. Jakarta: EGC; 1995.

Marut UD. Aspek sosial ekonomi dan kaitannya dengan masalah gizi kurang di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Jurnal Gizi dan Pangan. 2007; 2(3):36-43. 11.

Saputra W, Zein A, Yulius Y, Junaidi, Azkha N. Penelitian dan Pengkajian Indeks Pembangunan Manusia di Pasaman Barat. Padang: Bappeda Pasaman Barat; 2007.




DOI: https://doi.org/10.35334/jpmb.v3i2.1201

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN : 2579-9797

P-ISSN : 2615-4323

Contact Person:

Gusriani: 082188737351

Email : jpmb.ubt@gmail.com

Website : http:// jurnal.borneo.ac.id/index.php/jpmb