PENDAMPINGAN DISAIN KEMASAN MAKANAN TIPA-TIPA DI DESA MAROM KECAMATAN ULUAN KABUPATEN TOBA SAMOSIR

Rimbun Siringoringo, Jamaluddin Jamaluddin, Yosephine Sembiring

Abstract


Tipa-tipa merupakan salah satu makanan oleh-oleh yang sangat terkenal dari Toba Samosir. Produk ini menjadi salah satu wujud kearifan kuliner lokal di Toba Samosir, khususnya Kecamatan Uluan yang bersumber dari tradisi turun-temurun masyarakat lokal. Saat ini keberadaan ke dua jenis makanan lokal ini mengalami penurunan penjualan karena terhimpit oleh makanan atau jajanan kekinian yang banyak disediakan di toko-toko dan swalayan. Daya tarik disain dan kualitas kemasan yang masih sangat klasik dan sederhana, semakin kurangnya kepercayaan konsumen akan kebersihan dan kelayakan konsumsi makanan tipa-tipa dan sasagun, minimnya promosi dan informasi tentang produk pada wisatawan menjadi beberapa faktor utama penyebab nya. Melalui PKM ini, tim telah melakukan pendampingan disain kemasan, pelabelan makanan, dan pembungkusan makanan kepada masyarakat mitra. Masyarakat mitra pada PKM ini adalah kelompok pedagang tipa-tipa yang ada di Desa Marom, Kecamaan Uluan, Kabupaen Toba Samosir.  Pendampingan telah diakukan kepada masyarakat mitra di Desa Marom Trasnfer ipteks yang telah diaksanakan adalah desain kemasan, pelabelan kemasan, penggunaan sealer, penggunaan stempel kadaluarsa, serta pemilihan model-model kemasan modern.


Keywords


Tipa-Tipa; Disain Kemasan; Disain Label; Toba Samosir

Full Text:

PDF

References


Akbar, A., T & Pangestuti, E. (2017). Peran Kuliner Dalam Meningkatkan Citra Destinasi Pariwisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 50(1) : 153-159.

Badan Pusat Statistik Toba Samosir, 2018. Toba Samosir Dalam Angka 2018. Balige: Badan Pusat Statistik Toba Samosir.

Lestari, T., K. (2016). Statistik Profil Wisatawan Nusantara Tahun 2016. Jakarta : Badan Pusat Statistik.

Simanjuntak, M. (2018). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Pengembangan Strategi Bisnis Tipa-tipa (Oleh-oleh Khas Toba Samosir), Jurnaltio 1(1), 44-48.

Uchyani, R & Irianto, H. (2016). Pengembangan Pasar Produk Olahan Kacang Melalui Perbaikan Kemasan. AJIE - Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 1(1) : 62-67.




DOI: https://doi.org/10.35334/jpmb.v4i2.1851

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN : 2579-9797

P-ISSN : 2615-4323

Contact Person:

Gusriani: 082188737351

Email : jpmb.ubt@gmail.com

Website : http:// jurnal.borneo.ac.id/index.php/jpmb

Â