WORKSHOP PEMBELAJARAN BERBANTU SOFTWARE QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN INOVASI DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PENDEMI COVID-19

Setia Widia Rahayu, Eka Widyawati

Abstract


Semenjak Bulan Maret menteri Pendidikan di Indonesia secara resmi mengeluarkan keputusan untuk menerapkan School From Home (SFH). SFH sebagai salah satu upaya untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19. Melalui school from home proses pembelajaran tetap berjalan lancar. Pembelajaran selama SFH  yang dilaksanakan melalui Daring. Guru dan siswa tetap dapat berinteraksi dan komunikasi dalam pembelajaran daring, melalui kelas virtual yang digunakan pada masing-masing sekolah. Guru menyampaikan materi dan memberikan tugas sesuai jadwal yang telah ditentukan. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring guru dituntut lebih kreatif dalam menyajikan materi maupun soal-soal yang akan diberikan kepada siswanya. Sebagian guru juga ada yang mengeluhkan pembelajaran daring karena keterbatasan pengetahuan dalam menggunakan software-software untuk pembelajaran daring. Berdasarkan hasil observasi tim pengabdian dilapangan maka akan dilaksanakan pengabdian kepada masyarakat berupa workshop pembelajaran berbantu Quizizz  di SD Muhammadiyah 2 Tarakan. Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan inovasi guru dalam pembelajaran daring selama pandemic Covid-19.


Keywords


Workshop; Quizizz; Inovasi Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Al-Krismanto dkk.2004.Diklat Instruktur/Pengembang Matematika SMP Jenjang Dasar.Yogyakarta : Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Pusat Pengembangan Penataran Guru Matematika.

Depdiknas.2003. Standar Kompetensi Guru (SKG). Jakarta: Grasindo.

Kurinasih Imas, dkk. 2014, Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013, Jakarta: Kata Pena.

Mulyasa. 2005. Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosdakarya.

Nataliya, Prima. 2015. Efektifitas penggunaan media pembelajaran permainan tradisional congklak untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada siswa sekolah dasar. JIPT. Vol. 03 No. 02.




DOI: https://doi.org/10.35334/jpmb.v4i2.1852

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN : 2579-9797

P-ISSN : 2615-4323

Contact Person:

Gusriani: 082188737351

Email : jpmb.ubt@gmail.com

Website : http:// jurnal.borneo.ac.id/index.php/jpmb

Â