Pelatihan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (MSD) Bidang Bimbingan dan Konseling pada Satuan Pendidikan Formal Madrasah Aliyah Di Kota Banjarmasin

husnul madihah

Abstract


Permasalahan pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan permasalahan yang penting dalam pelaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling pada lembaga pendidikan formal, karena permasalahan yang dihadapi bukan saja masalah sarana prasarana, metode, tehnik, dan media layanan, tetapi permasalahan sumber daya manusia sebagai tenaga professional yang menjalankan pengelolaan pelayanan bimbingan dan konseling dalam rangka mengoptimalkan perkembangan peserta didik agar perkembangan peserta didik sesuai dengan tingkat perkembangnya. Pada prinsipnya tidak ada satuan pendidikan yang tidak membutuhkan  pengelolaan sumber daya manusia yang bisa dikenal dengan istilah Human Resource (HR). Pada bidang Human Resource yang bertanggung jawab dalam mengurus berbagai kebutuhan satuan pendidikan berkaitan dengan pemberdayaan sumber daya manusia (SDM). Metode: metode berupa modul, meliputi pembelajaraan: 1. Mulai diri sendiri, 2. Eksplorasi Konsep, 3. Diskusi, yaitu meliputi pelaksanaan pemetaan dan analisis permasalahan, perencanaan program, desain program pemberdayaan sumber daya manusia bidang bimbingan dan konseling pada satauan pendidikan Formal. Hasil: Guru Bimbingan dan Konseling mampu merefleksikan pengalamannya tentang program pemberdayaan di sekolah yang berdampak pada murid, GBK  memahami bentuk-bentuk program pemberdayaan SDM bidang Bimbingan dan Konseling di madrasyah/sekolah, GBK mengidentifikasi tahapan membuat program pemberdayaan SDM bidang Bimbingan dan Konseling di madrasyah/sekolah, GBK memahami proses perencanaan program sampai dengan pelaporan dengan menggunakan strategi Monitoring, Evaluasi, Learning dan Reporting (MELR) dan mengidentifikasi manajemen Pemberdayaan dari sebuah program pemberdayaan SDM bidang Bimbingan dan Konseling di madrasah/sekolah. Diskusi: GBK mengasah keterampilannya dalam menganalisis kasus dengan menggunakan manajemen Pemberdayaan SDM.


Full Text:

PDF

References


Goetsch D.L. and S.Davis, (1994), Introduction to Total Quality : Quality, Productivity, Compotitiveness. Englewood Cliffs, N.J.: Prentice Hall International, Inc.

Hobson, K., Ruth, M., Jo, H. (2013). A Step by Step Guide to Monitor and Evaluation. Diakses dari http://www.geog. ox.ac.uk/research/ technologies/projects/ monitoringandevaluation pada 5 Mei 2020.

Madihah,(2021), Manajemen Pemberdayaan Alumni dan Pengembangan Kampus.Cirebon: Stit Buntet Pesantren

Madihah. (2016). Perkembangan Peserta Didik. Bandung: mujahid press

Jarkawi,Madihah, (2022), Management of Counseling Guidance in Handling Student’s Delinquency in Madrasah, Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol. 06 (2) : 291-302

Madihah. (2020). Planning Pemberdayaan Alumni In The Promotion Of Development Campus (Study Of Islamic University Alumni Kalimantan Muhammad Al-Banjari Arsyad Banjarmasin) : Proceeding: Islamic University Of Kalimantan. Jilid 1/Terbitan 1

Madihah. (2022). Strategi Perencanaan Alumni Dalam Meningkatkan Daya Saing Perguruan Tinggi (Suatu Studi Kasus). Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia Vol. 07 ( 03): 140-148.

Muhaimin, MA. DKK. (2011). Manajemen Pendidikan: Aplikasi dalam Penyusunan Rencana Pembangunan Sekolah/Madrasah. Jakarta. Kencana.

Sastroatmodjo,S. (2006), Pemberdayaan Peran Serta Masyarakat Dalam Program Anak Usia Dini. (Makalah seminar Nasional), : Penyelenggara Dirjen PLS Departemen Pendidikan Nasional.

Shinta Devi Apriliana, Ertien Rining Nawangsari (2021). Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia (sdm) berbasis kompetensi.. Jurnal Forum Ekonomi, 23 (4) 2021, 804-812

Stamatis, D.H. (1996), Total Quality Service: Principles, Practices dan Implementation, Singapore: SSMB Publishing Division.

Tampubalon, D.P. 2001. Paradigma Baru Manajemen Pendidikan Tinggi Menghadapi Tantangan Abad 21. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Zulkipli (2022.) Perencanaan Manajemen Sumber Daya Manusia. Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan

Vol 10 (1 )




DOI: https://doi.org/10.35334/jpmb.v6i2.2695

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN : 2579-9797

P-ISSN : 2615-4323

Contact Person:

Gusriani: 082188737351

Email : jpmb.ubt@gmail.com

Website : http:// jurnal.borneo.ac.id/index.php/jpmb

Â