PELATIHAN TEKNIK PEMIJAHAN INDUK LELE DENGAN METODE KAWIN SUNTIK PADA POKDAKAN TAPAL BATAS, KECAMATAN SEBATIK TENGAH, KABUPATEN NUNUKAN

Kartina Kartina, Awaludin Awaludin, Khairunnisa Khairunnisa, Aswar Amiruddin

Abstract


Sejalan dengan program pemerintah, saat ini dilakukan upaya mendorong masyarakat melalui program untuk mewujudkan ketahanan pangan di penjuru Negeri, termasuk pulau Sebatik. Pulau Sebatik merupakan pulau terdepan dari Provinsi Kalimantan Utara yang berbatasan langsung dengan Tawau, Sabah Malaysia. Diantara program yang dilaksanakan adalah penerapan teknologi dalam perikanan budidaya, misalnya untuk komoditas ikan air tawar. Program tersebut, diharapkan tidak hanya untuk memberdayakan ekonomi, namun juga menjadi benteng ketahanan pangan untuk warga sekitar. Kelompok Petani Lele Pokdakan Tapal Batas, Kecamatan Sebatik Tengah, merupakan salah satu kelompok yang saat ini aktif dalam budidaya lele. Lele dipilih sebagai komoditi yang dikembangkan karena Ikan lele merupakan salah satu komoditi perikanan yang mengalami peningkatan dalam produksi karena permintaan pasar yang meningkat, serta tidak sulit untuk dibudidayakan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi mitra dalam budidaya lele khususnya kemampuan mitra dalam penyediaan benih melalui pelatihan pemijahan semibuatan dengan Teknik kawin suntik. Tahapan kegiatan terdiri dari (1) survey lokasi; (2) perjanjian kemitraan; (3) sosialisasi program; (4) penyuluhan; (5) pelatihan pemijahan semi buatan dengan kawin suntik. Hasil yang dicapai dari kegiatan ini adalah peningkatan pengetahuan mitra terkait budidaya khususnya pemijahan buatan dengan kawin suntik dan peningkatan keterampilan mitra, dimana mitra mampu mempraktekkan kawin suntik induk lele secara tepat, hingga mampu menghasilkan benih secara mandiri.


Keywords


Ikan Lele, Kawin Suntik, Pemijahan Semi Buatan

Full Text:

PDF

References


Dewi, C.D., Ekastuti, D.R., Sudrajat, A.O., & Manalu, W. (2018). Improved vitellogenesis, gonad development and egg diameter in catfish (Pangasianodon hypophthalmus) supplemented with turmeric (Curcuma longa) powder. Aquac Res, 49, 651–658.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). (2018). Refleksi dan Outlook. Jakarta.

Sinjal, R. (2014). Efektifitas ovaprim terhadap lama waktu pemijahan, daya tetas telur dan sintasan larva ikan lele dumbo, Clarias gariepinus. Budidaya Perairan. 2(1), 14 – 21.

Subandiyono & Hastuti, S. (2012). Buku Ajar Nutrisi Ikan. Semarang: Fakultas Peternakan Universitas Diponegoro

Sukendi. (1995). Pengaruh Kombinasi Penyuntikan Ovaprim dan Prostaglandin F2α terhadap Daya rangsang Ovulasi dan Kualitas Telur Ikan Lele Dumbo (Clarias gariepinus Burcheel), [Tesis]. Program Pascasarjana Institut Pertanian Bogor.

http://www.prakarya.xyz/2020/08/unit-kegiatan-belajar-mandiri-ukbm-kd.html




DOI: https://doi.org/10.35334/jpmb.v6i3.2978

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN : 2579-9797

P-ISSN : 2615-4323

Contact Person:

Gusriani: 082188737351

Email : jpmb.ubt@gmail.com

Website : http:// jurnal.borneo.ac.id/index.php/jpmb

Â