PEMBERDAYAAN MASYARAKAT TRANSMIGRASI DI DESA GUNUNG PUTIH DAN DESA TANJUNG BUKA MELALUI REVOLUSI MENTAL DALAM MEWUJUDKAN INDONESIA BERSIH DAN INDONESIA MANDIRI

Arif Rohman, Aditia Syaprillah

Abstract


Pemberdayaan masyarakat merupakan treding topik setiap kegiatan pengabdian kepada masyarakat, hal ini dibuktikan dengan sasaran utama oleh perguruan tinggi dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai lembaga pendidikan tinggi yang kompeten sehingga dengan keberadaan perguruan tinggi di setiap daerah membawa dampak positif bagi masyarakat. Pemberdayaan yang dimaksudkan disini adalah berkaitan dengan nawacita presiden yakni melalui revolusi mental khususnya membentuk pola pikir masyarakat kesadaran atas kebersihan dan kemandirian dengan memanfaatkan potensi yang ada di desanya masing-masing. Selama pelasakaan kegiatan ini, rata-rata masyarakat tidak menyadari akan potensi yang dapat dimanfaatkan untuk kemandirian desanya yang dapat menumbuhkembangkan pemasukan bagi desanya. Dari hasil pelaksanaan kegiatan terlihat bahwa kurangnya kepedulian masyarakat baik yang ada di desa tanjung buka maupun desa gunung putih akan kebersihan, terlihat bahwa masih banyaknya sampah yang berserakan di sekitar jalan dikarenakan tidak tersedianya tempat sampah. Kemudian sampah-sampah yang ada juga belum dimanfaatkan secara maksimal. Serta pemanfaatan potensi di desa-desa tersebut juga tidak dimanfaatkan, padahal selian tanah yang subur potensi aliran sungai dan gunung yang belum dikelola dengan baik.


Keywords


Pemberdayaan, Transmigrasi, Revolusi Mental dan Desa

Full Text:

PDF

References


Hanif Nurkholis, “Tantangan dan Prospek Implementasi UU No. 6/2016 tentang Desa,†makalah disampaikan dalam Seminar Nasional Administrasi Negara di FISIP Universitas Negeri Padang, 13 November 2014.

Iwan Eka Setiawan, 2016. Materi ToT Pembentukan Gugus Tugas Gerakan Nasional Revolusi Mental, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Tanggerang, 14 Februari.

Lala M Kolopaking dkk, 2016. Mekanisme Perencanaan Desa Membangun dan Membangun Desa, Working Paper, Pusat Studi Pembangunan Pertanian Pedesaan LPPM Institute Pertanian Bogor, Vol 1 Nomor 1, Januari.

Muhammad Yasin, dkk, 2015. Anotasi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, Jakarta: Pusat Telaah dan Informasi Regional (PATTIRO).

Yudi Latif, 2014. “Keharusan Revolusi Mentalâ€, dalam Jansen Sinamo (ed.), Revolusi Mental, dalam Institusi, Birokrasi dan Korporasi, Jakarta: Institut Darma Mahardika.

http://www.hukumonline.com/berita/baca/lt58747faf1bd8e/5-program-dalam-inpres-gerakan-nasional-revolusi-mental, diakses pada tanggal 15 November 2017 pukul 10.20 WITA.

https://sekolahdesa.or.id/indeks-desa-membangun-dan-pembangunan-desa/ dikases pada tanggal 17 November 2017 pukul 12.10 WITA.




DOI: https://doi.org/10.35334/jpmb.v2i1.411

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JPMB (Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN : 2579-9797

P-ISSN : 2615-4323

Contact Person:

Gusriani: 082188737351

Email : jpmb.ubt@gmail.com

Website : http:// jurnal.borneo.ac.id/index.php/jpmb

Â