PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA LONG BILA DAN DESA PULAU SAPI KABUPATEN MALINAU MELALUI OPTIMALISASI POTENSI LOKAL MELALUI REVOLUSI MENTAL MEWUJUDKAN DESA MANDIRI DAN MELAYANI

Endik Deni Nugroho, Vlorensius Vlorensius

Abstract


Kabupaten Malinau ditetapkan sebagai Kabupaten Konservasi di Kalimantan Utara, namun belum ada integrasi upaya konservasi dan pemanfaatan secara lestari atas sumber daya alam yang dimiliki. Salah satu program yang diterapkan oleh pemerintah Malinau yaitu Gerdema. Program ini merupakan pembangunan milik rakyat dengan agenda pemulihan ekonomi nasional yang berpihak pada masyarakat dalam mewujudkan kesejahteraan rakyat secara nyata. Program tersebut menuju ke arah pemberdayaan masyarakat desa yang kurang berkembang dalam model pembangunan, yang dilakukan secara terpadu, sinergis dan partisipatif dengan memanfaatkan sumberdaya potensi lokal tingkatan bawah seperti kepala desa sampai pemerintah kabupaten. Program kemintraan masyarakat (PKM) bertema Revolusi Mental dengan gerakan Indonesia Melayani dan Gerakan Indonesia Mandiri dapat membantu pemerintah desa dan Masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode parsipatoris. PKM berbasis revolusi mental dengan gerakan Indonesia melayani terfokus pada perbaikan administrasi dan peningkatan kualitas Sumber daya Manusia dan keterbukaan akses informasi publik, kegiatan tersebut mengandung nilai-nilai strategis instrumental revolusi mental yaitu Integritas dan Etos Kerja. Sedangkan gerakan Indonesia mandiri terfokus pada pada pemanfaatan potensi sumber daya alam daerah tertinggal, Mendukung dan mendorong kewirausahaan serta ekonomi kreatif memberdaakan potensi lokal menjadi ekowisata, Sosialisasi produk-produk dalam negeri yang berpotensi untuk dikembangkan. Berdasarkan hasil data masih banyak masyarakat dan perangkat desa yang menggunakan puas dan memahami gerakan revolusi mental Indonesia bersih  sebanyak 90%.

Keywords


pemberdayaan masyarakat, potensi lokal, revolusi mental, desa mandiri, desa melayani

Full Text:

PDF

References


Efendi. 2014. Pelaksanaan Program Gerakan Desa Membangun (Gerdema) Pada Bidang Perkebunan Di Desa Data Baru Kecamatan Sungai Boh Kabupaten Malinau. eJournal Ilmu Pemerintahan, 2014, 2 (1).

Sunda, Feri. 2015. Studi Tentang Pelaksanaan Gerakan Desa Membangun (Gerdema) Di Desa Long Ampung Kecamatan Kayan Selatan. eJournal Ilmu Pemerintahan, 3 (3).

Katalog Badan Pusat Statistik. 2017. Statistik Daerah Kecamatan Mentarang 2017. BPS. Kabupaten Malinau.

Katalog Badan Pusat Statistik. 2017. Statistik Daerah Kecamatan Malinau Barat 2017. BPS. Kabupaten Malinau.




DOI: https://doi.org/10.35334/jpmb.v2i1.423

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JPMB (Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN : 2579-9797

P-ISSN : 2615-4323

Contact Person:

Gusriani: 082188737351

Email : jpmb.ubt@gmail.com

Website : http:// jurnal.borneo.ac.id/index.php/jpmb

Â