PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTU MACROMEDIA FLASH BAGI GURU SMPN 11 TARAKAN SEBAGAI SALAH SATU UPAYA PENINGKATAN INOVASI DALAM PEMBELAJARAN
Abstract
Kondisi di lapangan bahwa masih banyak ditemukan guru yang dalam penyampaiannya hanya berceramah dan
duduk di depan kelas. Hal tersebut terjadi karena kurangnya kemampuan guru dalam memahami makna,
manfaat dan cara penggunaan media pembelajaran. Melihat kondisi seperti itu, maka saya sebagai ketua tim
pengabdian memiliki inisiatif untuk membantu guru-guru disekolah dalam menciptakan media pembelajaran.
Penggunaan media dalam proses pembelajaran diharapkan akan memudahkan siswa untuk memahami apa
yang disampaikan oleh guru, selain itu dengan menggunakan media pembelajaran akan memudahkan guru
dalam menyampaikan materi pembelajaran dikelas. Adapun kegiatan pengabdian ini berupa pelatihan dan
pendampingan yang dilakukan dalam bentuk klasikal dan kelompok. Pelatihan pembuatan media pembelajaran
macromedia flash, berupa demonstrasi pelatihan pembuatan media pembelajaran, unjuk kerja kemampuan
guru-guru SMPN 11 Tarakan dalam membuat media pembelajaran dan dan pendampingan perkembangan
pelaksanaan program dari mampu menghasilkan media pembelajaran interaktif dan menarik. Kegiatan
pengabdian pada masyarakat di SMPN 11 ini dirasakan sangat membantu guru-guru SMPN 11 Tarakan, hal
itu dilihat dari wawancara dan respon yang diberikan kepada peserta. Hasil pelatihan ini adalah guru paham
cara membuat media pembelajaran dengan bantuan macromedia flash.
duduk di depan kelas. Hal tersebut terjadi karena kurangnya kemampuan guru dalam memahami makna,
manfaat dan cara penggunaan media pembelajaran. Melihat kondisi seperti itu, maka saya sebagai ketua tim
pengabdian memiliki inisiatif untuk membantu guru-guru disekolah dalam menciptakan media pembelajaran.
Penggunaan media dalam proses pembelajaran diharapkan akan memudahkan siswa untuk memahami apa
yang disampaikan oleh guru, selain itu dengan menggunakan media pembelajaran akan memudahkan guru
dalam menyampaikan materi pembelajaran dikelas. Adapun kegiatan pengabdian ini berupa pelatihan dan
pendampingan yang dilakukan dalam bentuk klasikal dan kelompok. Pelatihan pembuatan media pembelajaran
macromedia flash, berupa demonstrasi pelatihan pembuatan media pembelajaran, unjuk kerja kemampuan
guru-guru SMPN 11 Tarakan dalam membuat media pembelajaran dan dan pendampingan perkembangan
pelaksanaan program dari mampu menghasilkan media pembelajaran interaktif dan menarik. Kegiatan
pengabdian pada masyarakat di SMPN 11 ini dirasakan sangat membantu guru-guru SMPN 11 Tarakan, hal
itu dilihat dari wawancara dan respon yang diberikan kepada peserta. Hasil pelatihan ini adalah guru paham
cara membuat media pembelajaran dengan bantuan macromedia flash.
Keywords
Pelatihan Dan Pendampingan, Media Pembelajaran, Inovasi Pembelajaran
Full Text:
PDFReferences
Al-Krismanto dkk.2004.Diklat
Instruktur/Pengembang
Matematika SMP Jenjang
Dasar.Yogyakarta : Departemen
Pendidikan Nasional Direktorat
Jendral Pendidikan Dasar dan
Menengah Pusat Pengembangan
Penataran Guru Matematika.
Kurinasih Imas, dkk. 2014, Sukses
Mengimplementasikan Kurikulum
, Jakarta: Kata Pena.
Depdiknas.2003. Standar Kompetensi
Guru (SKG). Jakarta: Grasindo.
Mulyasa. 2005. Menjadi Guru
Profesional: Menciptakan
Pembelajaran Kreatif dan
Menyenangkan. Bandung:
Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.35334/jpmb.v2i2.519
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 JPMB (Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
E-ISSN : 2579-9797
P-ISSN : 2615-4323
Contact Person:
Gusriani: 082188737351
Email : jpmb.ubt@gmail.com
Website : http:// jurnal.borneo.ac.id/index.php/jpmb
Â