PENINGKATAN KAPASITAS DIGITAL UNTUK HIMPAUDI BANYUMAS MELALUI PELATIHAN DESAIN DAN KOMUNIKASI DIGITAL
Abstract
Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (HIMPAUDI) Banyumas berperan penting dalam mempromosikan pentingnya pendidikan anak usia dini yang berkualitas, melakukan pembinaan dan pengembangan organisasi secara berjenjang, menampung dan memperjuangkan aspirasi para pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini. Mereka menyediakan pelatihan-pelatihan berkualitas tinggi untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam merancang dan mengimplementasikan program pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan anak. Dengan terlaksana dalam 2 hari materi dibagi per hari ada dua yaitu hari pertama: Google Drive, dan Chat Gpt dan hari ke dua yaitu: Canva dan IG. Pelatihan ini dilaksanakan dengan jumlah peserta 47 guru PAUD dengan menggunakan metode Asset-Based Community Development (ABCD) dengan pelaksanaan sebelum dan setelah pelatihan dilakukan survey. Dari hasil survey tersebut terdapat kenaikan nilai rata-rata disetiap materi dari pretest dan postest. Dimulai dari pengenalan dan pengoperasiannya IG kenaikan nilai rata-rata adalah 15,96% dan 18,32%. Selanjutnya Canva 25,86% dan 20,99% serta Google Drive 27,67% dan 25,00%. Peningkatan tertinggi adalah Chat Gpt dengan kenaikan nilai rata-rata dari pretest dan postes untuk pengenalan dan pengoperasian 58,33% dan 63,96%. Peserta guru paud diharapkan dapat mendesain poster/bahan ajar dari canva dengan memberi deskripsi, tagline dengan menggunakan Chat Gpt dan disimpan di google drive sehingga rekan sejawat dapat mengkoreksi dan memberikan masukan. Tahap selanjutnya mempublikasikan kegiatan/bahan ajar di media sosial melalui IG. Sehingga tercipta komunikasi antara orang tua murid, calon orang tua murid dan mitra mengenai program maupun kegiatan di Paud.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achmad Dicky Romadhan, & Yonis Galih Arifah. (2021). Program Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Video Animasi Melalui Webinar pada Masa Pandemi Covid-19 di IGTKI (Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia). Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 5(2), 90–96. http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/jpmb
Aidil Adhani, & Nursia. (2020). Edukasi Model Pembelajaran Blended Learning Bagi Guru Sma Sebagai Salah Satu Solusi Pembelajaran Efektif di Era New Normal. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 4(2), 123–127. http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/jpmb
Asep Munajat, & Ibnu Hurri. (2019). Implementation of Himpaudi Chairperson’s Leadership in Strengthening the Competence of PAUD Teachers in the City of Sukabumi. Journal Civics and Social Studies, 3(2), 1–12.
Asriani Thahir, & Sri Wahyuni. (2023). Pelatihan Penggunaan Reels Instagram sebagai Media Pembelajaran Digital. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 3578–3582. https://doi.org/10.31949/jb.v4i4.6975
Faisal Pardomuan Siregar, Sri Wahyudi, Detri Amelia Chandra, & Ari Aprilia Dwiana. (2024). ChatGPT Dalam Mendukung Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Vokasional, 6(1), 24–34. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23960/jpvti
Fitriyani, F., & Nugroho, A. T. (2022). Literasi Digital di Era Pembelajaran Abad 21. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 201–208. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v2i2.1088
Juliawan, Suastini, Susanta, Yuliastini, Rr Dwi Umi Badriyah, & Kadek Suhardita. (2023). Penggunaan Canva sebagai Media Pembelajaran untuk Pendidikan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (SEWAGATI), 2(2), 12–23. https://doi.org/10.59819
Kurnianingsih, I., Rosini, R., & Ismayati, N. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Guru di Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi Informasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 3(1), 61. https://doi.org/10.22146/jpkm.25370
Muhammad Amirul Mu’min, & Zumhur Alamin. (2024). Pelatihan Pemanfaatan Google Drive dan Learning Games Kahoot pada Proses Pembelajaran Bagi Warga Sutorejo. Taroa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 106–116. https://doi.org/10.52266/taroa.v3i2.3196
Nita Priyanti, Rizki Megawati, Euis Agung Sari, Debora Pujo Widiati, Patimah, & Olliviani Elen Komalig. (2024). The Improvements of Teachers Understanding of The Introduction to The Transition Early Childhood Education (Paud) to Elementary School (Sd) Enjoyable Through Optimizing The Merdeka Mengajar Platform (PMM). Journal Of Educational Science Learning And Research, 1(1), 54–62.
Siti Sulistyani Pamuji, & Wening Tyas. (2021). Program Bimbingan Desain Pembelajaran Daring Bagi Guru Bahasa Indonesia dan Penerapannya Pada Era Pembelajaran New Normal di Sekolah MTS Negeri Tarakan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 5(1), 39–44. http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/jpmb
Tedjawati, J. M., Peran, H. D., & Pengembangan, P. (2011). Peran HIMPAUDI Dalam Pengembangan PAUD. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(1), 123–133.
DOI: https://doi.org/10.35334/jpmb.v8i3.5786
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
E-ISSN : 2579-9797
P-ISSN : 2615-4323
Contact Person:
Gusriani: 082188737351
Email : jpmb.ubt@gmail.com
Website : http:// jurnal.borneo.ac.id/index.php/jpmb
Â