IDENTIFIKASI KECERDASAN KINESTETIK JASMANI SISWA KELAS I SDN 013 TARAKAN
Abstract
Abstract: this study aimsto determine the observationsof physical kinesthetic intelligence of I-D classstudentswith varioustraditional games activitie. This research isa qualitative research with survey method. The research procedure consisted of observation and documentation. Instrument rating in the formof a questionnairesheet checklist amstrong modification and child development achievement index. As for the technical analisis of the data use is descriptive quantitative and analytical descriptive qualitative. Subject of research is student classI-D force in the teaching of 2018/2019 SDN 013 Tarakan with the number of students 28 people. The result of the analysis of questionnaire questions were given teacher class I-D throught the online form intelegence kinesthetic found that approximately 70% stating appropriate, 25% stated not appropriate and 5% claimed not to know. Then points each questions will be in arithmetic based score gains each student to produce a percentage of the index development of intelegence kinesthetic as follow, the level has not grown (BB) 18%, began to grow (MB) to 18%, develop appropriate expectations (BSH) 11% and growing very good (BSB) 53%.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengamatan kecerdasan kinestetik jasmani siswa kelas I-D dengan berbagai kegiatan permainan tradisional. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode survei. Prosedur penelitian terdiri dari observasi dan dokumentasi. Instrument penilaian berupa angket lembar check list modifikasi amstrong dan indeks pencapaian perkembangan anak. adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas I-D angkatan tahun ajaran 2018/2019 SDN 013 Tarakan dengan jumlah siswa 28 orang. Hasil analisis angket pertanyaan yang diberikan kepda guru kelas I-D melalui form online kecerdasan kinestetik ditemukan bahwa sekitar 70% menyatakan sesuai, 25% menyatakan tidak sesuai dan 5% menyatakan tidak tahu. Kemudian poin setiap pertanyaan akan di hitung berdasarkan skor perolehan setiap siswanya sehingga menghasilkan presentase indeks perkembangan kecerdasan kinestetik sebagai berikut, tahap belum berkembang (BB) 18 %, mulai berkembang (MB) 18 %, berkembang sesuai harapan (BSH) 11 % dan berkembang sangat baik (BSB) 53 %.
Full Text:
PDFReferences
Cahyaningrum, Khairul. 2015. Upaya meningkatkan kecerdasan kinestetik melalui index card match.jurnal PGSD Edisi 4 Tahun ke IV Maret 2015
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas
Poerwanti, Widodo. 2005 perkembangan peserta didik. Malang:UMM Press.
Sugiyono.2013. metode penelitian pendidikan. Bandung: alfabeta
DOI: https://doi.org/10.35334/judikdas%20borneo.v2i1.1451
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Kamsiatun Kamsiatun, Sucahyo Mas'an Al Wahid
Contact Person:
A. Wilda Indra Nanna (Hp: 081253670923)
Ady Saputra (Hp: 082329693700)
Alamat Sekretariat:
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jl. Amal Lama No.1 Kota Tarakan, North Kalimantan (Kalimantan Utara) Indonesia
Â
View My Stats