PENERAPAN MEDIA ULTANGKLEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR MUATAN BAHASA INDONESIA DAN IPS

Dita Dwi Astuti, Sumarwiyah Sumarwiyah, Imaniar Purbasari

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa ultabgklek yang ditinjau dari respon siswa kelas IV SDN 2 Gondoharum dan materi. Media Ultangklek dirasa cocok untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas IV, media ultangklek sebagai perantara dalam bermain sambil belajar, media ultangklek sangat dibutuhkan untuk siswa sekolah dasar dikarenakan media ini penerapanya siswa bermain langsung, siswa tidak hanya melihat medianya saja namun siswa ikut menikmati media ular tangga engklek, didalam permainan media ultangklek ini siswa juga disuguhkan kedalam permasalahan yang berupa kartu soal jadi siswa tidak hanya bermain saja namun juga belajar, belajar mengenai materi yang diajarkan. Focus dalam penelitian tindakan kelas ini adalah Hasil belajar, penerapan media pembelajaran ultangklek. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Gondoharum, teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik uji validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah expert Judgment. Subjek penelitian sebanyak 19 siswa yang berlangsung selama 2 siklus. penerapan media ultangklek dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Gondoharum.

Abstrack. This study aims to produce learning media in the from of ultangklek in terms of the responses of fourth grade students of SDN 2 Gondoharum and material. Ultangklek media is considered suitable to improve student learning outcomes in class IV, ultangklek media as an intermediary in playing while learning ultangklek media is needed for elementary school students because this media is the application of students playing directly, students not only see the media but students also enjoy snake media cricret stairs, in this ultangklek media game students are also  presented into problems in the from of question cards so students not only play but also learn, learn about the material being taught. The focus in this class action research is learning outcomes, the application of ultangklek learning media. The subjects of this study were students in grade IV SDN 2 Gondoharum, data collection techniques in this study were interviews, observation, tests and documentation. The data validity test technique used in this study is expert judgment. The research subjects were 19 students which lasted for 2 cycles. The application of ultangklek media can improve student learning outcomes in grade IV SDN 2 Gondoharum.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Penelitian Tindakan 2010. Yogyakarta: Aditya Media.

Darminto, A. dan. (n.d.). Terapan Media Permainan Ular Tangga Pintar Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar, 31–41.

Dewi, T. L., Kurnia, D., & Panjaitan, R. L. (2017). Penggunaan Media Permainan Ular Tangga Pada Pembelajaran PIPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pembagian Wilayah Waktu di Indonesia, 2(1), 2091–2100.

Fajriah, S. dan. (2019). Penilaian Ranah Afektif Dalam Bentuk Penilaian Skala Sikap Untuk Menilai Hasil Belajar, 7, 71–81.

Fitriyana, N. S. (2018). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Terintegrasi Asmaul Husna Pada Pembelajaran Tematik.

Holis, A. (2016). Belajar Melalui Bermain Untuk Pengembangan Kreativitas dan Kognitif Anak Usia Dini.

Indriana, D. (n.d.). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jogjakarta: Diva Press.

Murtono. (2017). Merencanakan dan Mengelola Model-model Pembelajaran Inovatif (Student Center Learning). Ponorogo: Wade Group.

Nurdiani, Y. (2013). Penerapan Prinsip Bermain Sambil Belajar Dalam Mengembangkan Multiple Inteligencia Pada Pendidikan Anak Usia dINI, 2(2252), 85–93.

Pasaribu. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Ranah Psikomotor Pada Materi Titrasi Asam Basa Kelas XI-MIA SMAN 4 Kota Jambi.

Prasetya. (2012). Meningkatkan Keterampilan Menyusun Instrumen Hasil Belajar Berbasis Modul Interaktif Bagi Guru-guru IPA SMP N Kota Magelang, 1(2), 107.

Rohmah, N. (2016). Bermain dan Pemanfaatanya Dalam Perkembangan Anak Usia Dini.

Siswanto. (2016). Pengelolaan Media Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 3 Boyolali, 1–17.

Sudaryono, D. (2013). Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA cv.

Sukirno, R. (2017). Optimalisasi Hasil Belajar IPS Melalui Permainan Tradisional.

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD, II, 45.

Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Widiana, I. W., & Parera, N. P. G. (2019). Media Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Kompetensi Pengetahuan IPA, 3, 315–322.

Widiowati, F. dan M. (2014). Penggunaan Media Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Hiburan.




DOI: https://doi.org/10.35334/judikdas%20borneo.v2i2.1478

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Dita Dwi Astuti



Contact Person:

A. Wilda Indra Nanna (Hp: 081253670923)

Ady Saputra (Hp: 082329693700)

Alamat Sekretariat:

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Gedung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Jl. Amal Lama No.1 Kota Tarakan, North Kalimantan (Kalimantan Utara) Indonesia

 
Flag Counter

 

View My Stats