Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Hasil belajar siswa dengan menggunakan model Teams Games Tournament dengan media Unos. Penerapan model Teams Games Tournament bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Geritan. Melalui model Teams Games Tournament berbantuan media unos dari hasil penelitian tindakan kelas telah menunjukkan bahwa penelitian tersebut dapat meningkatkan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari terpenuhinya indikator keberhasilan sebagai berikut. Peningkatan hasil belajar ranah sikap pada siklus I sebesar 66% di siklus II meningkat sebesar 77%, peningkatan hasil belajar ranah keterampilan di siklus I sebesar 67%Â di siklus II mengalami peningkatan menjadi 78%. Sedangkan peningkatan hasil belajar ranah pengetahuan pada siklus I muatan Bahasa Indonesia 74% muatan PPKn sebesar 74% pada siklus II muatan Bahasa Indonesia mencapai 85% muatan PPKn meningkat sebesar 81%
Asrori Mohammad. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Wacana Prima.
Hamdu, Ghullam. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 1 (12), 81-86.
Hendaryati, Neni. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Prakarya Dan Kewirausahaan Melalui Teams Games Tournament Learning (Uno Stacko Challenge). Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro,Vol 7 No. ISSN 2337-4721
Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto. (2011). Model Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia
Nugroho, T. P.(2017). Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament Indahnya Keragaman Di Negeriku Pada Siswa Kelas IV SDN Lidah Kulon. JPSD, Vol 5. No 3.
Prasetyo, Erlin. (2020). Media Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Borneo, Vol 2 No1 ISSN 2721-4257.
Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran Dengan Problem Based Learning Itu Perlu Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Bogor: Ghalia Indonesia.
Shoimin Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz.
Susanto Ahmad. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Tyaz, H. dan Kartini (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Tema 7 Subtema 1 Pada Siswa Kelas IV SDN 036 Tarakan. Jurnal Pendidikan Dasar Borneo, Vol.02 No 01 ISSN 2721-4257