KEMENARIKAN MEDIA BERBANTUAN APLIKASI DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

Mety Toding Bua

Abstract


Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan atau dapat disebut Research and Development. Penelitian ini merupakan metode penelitian yang dilakukan untuk menciptakan sebuah produk yang dapat digunakan dalam pembelajaran, dan penelitian ini sekaligus menguji kemenarikan penggunaan produk pembelajaran. Hasil dari pengembangan yang diuji cobakan, kemudian dideskripsikan bagaimana kemerarikan media berbantuan aplikasi dalam pembelajaran pada salah satu sekolah dasar di Tarakan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V pada salah satu SDN di Kota Tarakan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa ketertarikan siswa terhadap media berbantuan aplikasi pada pembelajaran memperoleh persentase 84% pada uji coba terbatas, dan 94% pada uji coba lapangan untuk seluruh siswa. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa merasa senang dan sangat tertarik terhadap media berbantuan aplikasi.


Full Text:

PDF

References


Aji, S., Qori, N., Hidayat, A., Maspupah, M., Tarbiyah, F., Keguruan, D., Islam, U., Sunan, N., & Djati, G. (n.d.). Penerapan Media Pembelajaran Dengan Menggunakan Aplikasi Edmodo Berbasis Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Indera.

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Rambu, E., Uma, A., Makaborang, Y., Ndjoeroemana, Y., Studi, P., Biologi, P., Keguruan, F., & Pendidikan, I. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX pada Konsep Perkembangbiakan Tumbuhan. Jurnal Pendidikan Indonesia Gemilang, 2(1), 9–16. https://doi.org/10.52889/jpig.v2i1.58

Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 433. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2924

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Wicaksono, D., & Yudi Mulyanto, T. (n.d.). Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Pengembangan Aplikasi Sebagai Media Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Matematika Di SMK Averus.http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat




DOI: https://doi.org/10.35334/judikdas%20borneo.v4i2.2905

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mety Toding Bua



Contact Person:

A. Wilda Indra Nanna (Hp: 081253670923)

Ady Saputra (Hp: 082329693700)

Alamat Sekretariat:

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Gedung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Jl. Amal Lama No.1 Kota Tarakan, North Kalimantan (Kalimantan Utara) Indonesia

 
Flag Counter

 

View My Stats