KEEFEKTIFAN MEDIA KOMIK ETNOMATEMATIKA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media komik etnomatematika terhadap pemahaman konsep perkalian dan pembagian pada siswa kelas IV. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDIT Arofah 2 Klego Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji nonparametrik. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 48,46 dan nilai post-test sebesar 79,62. Diperoleh nilai Asymp.Sig.(2-tailed) 0,000 (Ha diterima) untuk nilai N-Gain score diperoleh sebesar 59,99% (cukup efektif). Sehingga dapat disimpulkan bahwa media komik etnomatematika cukup efektif dan berpengaruh untuk meningkatkan pemahaman konsep perkalian dan pembagian pada siswa kelas IV SDIT Arofah 2 Klego Tahun Pelajaran 2021/2022.
Full Text:
PDFReferences
Adisasongko, N. (2022). Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran materi ajar menggambar segi banyak. Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter, 7(1), 28–41.
http://www.irpp.com/index.php/jipk/article/view/1304%0Ahttp://www.i-rpp.com/index.php/jipk/article/viewFile/1304/371371784
Agung, R. (2019). Analisis teori perkembangan kognitif piaget pada tahap anak usia operasional konkret 7-12 tahun dalam pembelajaran matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah , 9(1), 27–34. https://core.ac.uk/download/pdf/327227393.pdf
Anjarsari, E., Farisdianto, D. D., & Asadullah, A. W. (2020). Pengembangan media audiovisual powtoon pada pembelajaran matematika untuk siswa sekolah dasar (development of audiovisual based powtoon media in mathematics learning for elementary school students). JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika , 5(2), 40–50.
Fajriyah, E. (2018). Peran etnomatematika terkait konsep matematika dalam mendukung literasi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 114–119. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19589
Fitrianingsih, Y., Suhendri, H., & Astriani, M. M. (2019). Pengembangan media pembelajaran komik matematika bagi peserta didik Kelas VII SMP / MTS berbasis budaya. Jurnal Petik, 5(2).
Hariyadi, S., & Fauzan Muttaqin, M. (2020). Pemahaman konsep geometri pada pembelajaran problem base learning bermuatan etnomatematika bangunan cagar budaya Kota Semarang Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Muhammadiyah Kudus 1 Program Studi Pendidi. Journal.Unesa.Ac.Id, 6(3).
Kurniawarsih, M., & Rusmana, I. M. (2016). Pengembangan media pembelajaran komik matematika siswa Kelas IV SD berbasis budaya. Jurnal Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesi, 1(1). https://doi.org/10.46306/lb.v1i1
Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Kencana.
Lestari, A. D., Purwadi, & Agustini, F. (2018). Keefektifan model pembelajaran savi berbantu media komik terhadap pemahaman konsep IPA. (SENDIKA) Seminar Nasional Pendidikan 2018 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1–7.
Mega, F. L., Khasanah, I., & Rakhmawati, E. (2022). Pengenalan konsep bilangan melalui alat permainan tradisional dakon pada anak usia 5-6 tahun. Wawasan Pendidikan, 2(2), 574–581.
Prihastari, E. B. (2015). Pemanfaatan Etnomatematika Melalui Permainan Engklek Sebagai Sumber Belajar. Mendidik, 1(2), 155–162. http://jm.ejournal.id/index.php/mendidik/article/view/23/13
Prihatsari, E. B., & Widyaningrum, R. (2020). Pengaruh media fotonovela terhadap pemahaman konsep kearifan lokal kota surakarta pada mahasiswa prodi PGSD Universitas Slamet Riyadi. Widya Wacana : Jurnal Ilmiah, 1.
Purbaningrum, M. & dkk. (2021). Etnomatematika: beberapa sistem budaya di Indonesia. Zifatama Jawara.
Rahayu, Y., & Pujiastuti, H. (2014). Analisis kemampuan pemahaman matematis siswa smp pada materi himpunan: studi kasus SMP Negeri 1 Cibadak. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 3(2), 93–102. https://journal.unpas.ac.id/index.php/symmetry/article/view/1284
Riwanto, M. A., & Wulandari, M. P. (2018). Efektivitas penggunaan media komik digital (cartoon story maker) dalam pembelajaran tema selalu berhemat energi. Jurnal PANCAR, 2(1), 14–18.
Ruqoyyah, S., Murni, S., & Linda. (2020). Kemampuan pemahaman konsep dan resiliensi matematika dengan VBA Microsoft Excel. CV. Tre Alea Jacta Pedagogie.
Siregar, S. (2013). Metode penelitian kuantitatif. Kencana.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan. Alfabeta.
Untari, M. F. A., & Saputra, A. A. (2016). Keefektifan media komik terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas IV SD. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 29–39. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i1.2354
Yulianingsih, E., & Ikhsan, J. (2018). Pengembangan media komik IPA berbasis karakter untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(2), 123–131. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms
DOI: https://doi.org/10.35334/judikdas%20borneo.v5i1.3231
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Anggi Dyah Ayu Kristina
Contact Person:
A. Wilda Indra Nanna (Hp: 081253670923)
Ady Saputra (Hp: 082329693700)
Alamat Sekretariat:
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jl. Amal Lama No.1 Kota Tarakan, North Kalimantan (Kalimantan Utara) Indonesia
Â
View My Stats