EFEKTIVITAS LKPD BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III SDN 03 KALING KECAMATAN TASIKMADU TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Meyrawati Meyrawati, Hera Heru Sri Suryanti, Ema Butsi Prihastari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan LKPD berbasis etnomatematika pada materi pecahan terhadap motivasi belajar peserta didik kelas III SDN 03 Kaling Kecamatan Tasikmadu Tahun Pelajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre Experimental Design dengan menggunakan desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III SDN 03 Kaling, sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas III SDN 03 Kaling yang berjumlah 30 Peserta didik terdiri dari 17 laki-laki dan 13 perempuan, teknik sampling yang digunakan adalah teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Uji coba instrument dengan menggunakan uji validitas, uji validitas isi, dan uji reliabilitas.  Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji Paired Sample T-test diperoleh thitung > ttabel atau 132.881 > 2.045 dan Sig. (2-tailed) = 0.000 < 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data N-gain_persen 77.6% dikategorikan (Efektif) >76. Jadi disimpulkan penggunaan LKPD Berbasis Etnomatematika pada materi pecahan efektif terhadap motivasi belajar peserta didik kelas III SDN 03 Kaling Kecamatan Tasikmadu Tahun Pelajaran 2022/2023.

References


Adhi Kusumastuti, Ahmad Mustami, Taofan Ali Achmadi. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Aini. Dora. (2018). Efektifitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Smp. Lampung: program sarjana UIN Raden Intan.

Al. K. (2019). Pengembangan Program Pembelajaran Matematika (Studi Praktis Dengan Pendekatan Problem Solving dan Ethnomatematika Budaya Sasak). Jln. Gajah Mada no.100 Jempong Baru Sekarbela Mataram: CV Sanabil.

Hamdan, H. B. (2021). Media Pembelajaran MI/SD. Semarang: CV Graha Edu.

Munifatun. M.. I Made. K.. & Gusti. A. I. (2017). Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kimia. UNDIKSHA | Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia. Hal. 13-22.

Nindiya. Sugiaryo. & Ema. B. (2022). Analisis Penanaman Karakter pada Pembelajaran Etnomatematika Materi Bangun Datar. Jurnal Jendela Pendidikan. Hal. 19-29.

Pranita, M. et al. (2022). Efektivitas LKPD Berbasis Etnomatematika Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar di EraNew Normal. Jurnal Educatio. Hal. 1128-1134.

Prastowo. Andi. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Prihastari, E. B., & Widyaningrum, R. (2021). Integrasi Budaya Lokal Dalam Pengembangan LKPD Untuk Mewujudkan Gerakan Literasi Sekolah. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran. Volume 7. Nomor 1. Hal. 43–49.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

________. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.35334/judikdas%20borneo.v5i1.3351

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Meyrawati Meyrawati, Hera Heru Sri Suryanti, Ema Butsi Prihastari



Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar by Universitas Borneo Tarakan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/judikdas/index.

Contact Person:

A. Wilda Indra Nanna (Hp: 081253670923)

Ady Saputra (Hp: 082329693700)

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Jl. Amal Lama No.1

Tarakan, North Kalimantan (Kalimantan Utara)

Indonesia

 

 

View My Stats