EFEKTIVITAS LKPD BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III SDN 03 KALING KECAMATAN TASIKMADU TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis etnomatematika pada materi pecahan terhadap motivasi belajar peserta didik kelas III SDN 03 Kaling Kecamatan Tasikmadu Tahun Pelajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre Experimental Design dengan menggunakan desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III SDN 03 Kaling, sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas III SDN 03 Kaling yang berjumlah 30 Peserta didik terdiri dari 17 laki-laki dan 13 perempuan, teknik sampling yang digunakan adalah teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Uji coba instrumen dengan menggunakan uji validitas, uji validitas isi, dan uji reliabilitas. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan penggunaan LKPD berbasis etnomatematika pada materi pecahan efektif terhadap motivasi belajar peserta didik kelas III SDN 03 Kaling Kecamatan Tasikmadu Tahun Pelajaran 2022/2023.
Full Text:
PDFReferences
Aini, D. (2018). Efektivitas model pembelajaran problem based learning (pbl) terhadap kemampuan berpikir kritis peseta didik SMP (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Arianti, A. (2019). Peranan Guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117-134.
Azwar, S. (2016). Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2021). Media Pembelajaran MI/SD. Semarang: CV Graha Edu.
Dinata, P. M., Wicaksono, A. G., & Prihastari, E. B. (2022). Efektivitas LKPD Berbasis Etnomatematika Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar di Era New Normal. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1128-1134.
Ibda, F. (2015). Perkembangan kognitif: teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1).
Katriani, L. (2014). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD). Universitas Negeri Yogyakarta.
Kusaeri, A. (2019). Pengembangan program pembelajaran matematika: studi praktis dengan pendekatan problem solving dan ethnomatematika budaya Sasak. Sanabil.
Kusumastuti, A., Mustami. A., & Achmadi. A. T (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Luthfiana, M., Friansah, D., & Marcicilia, B. (2020). Pengembangan LKS berbasis etnomatematika (Budaya Lubuklinggau) untuk menumbuhkan motivasi belajar matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 3(1), 1-7.
Muthoharoh, M., Kirna, I. M., & ayu Indrawati, G. (2017). Penerapan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis multimedia untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 13-22.
Normina, N. (2018). Pendidikan dalam Kebudayaan. ITTIHAD, 15(28), 17-28.
Prastowo. A. (2015). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Yogyakarta: Diva Press
Prihastari, E. B., & Widyaningrum, R. (2021). Integrasi budaya lokal dalam pengembangan LKPD untuk mewujudkan gerakan literasi sekolah. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 7(1), 43-49.
Rewatus, A., Leton, S. I., Fernandez, A. J., & Suciati, M. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis etnomatematika pada materi segitiga dan segiempat. Jurnal cendekia: jurnal pendidikan matematika, 4(2), 645-656.
Riyanto, E., Wibowo, T., Purwoko, R. Y., & Purwaningsih, W. I. (2020). Pengembangan lembar kerja siswa Sekolah Dasar berbasis etnomatematika dengan setting Candi Borobudur. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika (JIPM), 2(1), 1-9.
Sari, N. M. I., Sugiaryo, S., & Prihastari, E. B. (2022). Analisis penanaman karakter pada pembelajaran etnomatematika materi bangun datar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(01), 19-29.
Sopiansyah, D., & Erihardiana, M. (2021). Model pembelajaran dan implementasi pendidikan multikultural dalam pendidikan islam dan nasional. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan dan Agama Islam, 20(2), 88-98.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif. kualitatatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.35334/judikdas%20borneo.v5i1.3351
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Meyrawati Meyrawati, Hera Heru Sri Suryanti, Ema Butsi Prihastari
Contact Person:
A. Wilda Indra Nanna (Hp: 081253670923)
Ady Saputra (Hp: 082329693700)
Alamat Sekretariat:
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jl. Amal Lama No.1 Kota Tarakan, North Kalimantan (Kalimantan Utara) Indonesia
Â
View My Stats