IMPLEMENTASI MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL (BURITA-BERBEKAL) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, Abu dan Uhbiyati, N. (2007). Ilmu pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Antari, D. N., Sundari, N., & Wulan, N. S. (2016). Studi deskriptif minat baca siswa sekolah dasar kelas V di Kota Serang., Kalimaya, 4(2), 1-9.
Anugra, H., Yusup, PM., Erwina, W. (2013). Faktor-faktor dominan yang mempengaruhi minat baca mahasiswa. Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan, 1(2), 137-145.
Davis, R.S. (1997). Comics: a multidimensional teaching in integrated-skill classes. Nagoyama University: Japan.
Donal, A. (2015). Students’ reading interest (a case study At FKIP of the university of pasir pengaraian. Journal of English Education, 1(1), 23-31.
Effendy, Y., Bangsa, G., & Yudani, H. D. (2013). Perancangan buku bergambar dang denunai untuk anak usia 4-6 tahun. Surabaya: Universitas Kristen Petra.
Faizah, U. (2009). Keefektifan cerita bergambar untuk pendidikan nilai dan keterampilan berbahasa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendidkan, XXVIII (3), 250-251.
Fitria, W. (2019). Reading interest and reading comprehension: a correlational study. Journal of Educational Studies, 4(1), 95-107.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Gerakan Literasi Nasional. Jakarta.
Mumpuni, A., Nurbaeti, R.U. (2019). Analisa faktor yang mempengaruhi minat baca mahasiswa PGSD. Jurnal Riset Pedagogik, 3(2), 123-132. https://jurnal.uns.ac.id/jdc
OECD. (2019). PISA 2018 Results Vol 1. Downloaded from https://www.oecd-ilibrary.org/docserver/5f07c754en.pdf?expires=1609986972&id=id&accname=guest&checksum=B02FEA7285BCFB3D17C159A850E7DBA1 on January 7, 2021.
Pahrurrazi, Kurniaman, O., Alpusari, M. (2018). Analisis minat baca siswa di perpustakaan sdn 37 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(6), 872-876.
Rachman, M. A., Rachman, Y. B., & Rachmawati, Y. M. (2017). Minat baca siswa sekolah dasar di Depok: studi kasus Di SDN Anyelir 1 Depok Jaya. Jurnal ilmu informasi, perpustakaan, dan kearsipan, 19(2), 63-68.
Rumainah. (2018). Undergraduate students’ reading interest and reading comprehension achievement in a State Islamic University. Journal of Islamic Education, 23(1), 54-64.
Setiawati, I. K., Rusilowati, A., & Khumaedi. (2013). Pembuatan buku cerita IPA yang mengintegrasikan materi kebencanaan alam untuk meningkatkan literasi membaca dan pembentukan karakter. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2).
Triyanto, Y., Mustadi, A. (2020). The effect of problem-based learning model assisted by lift the flap book: enhancing reading motivation of 3rd grade students. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(1), 151-166. Http://jegys.org
Triatma, I. N. (2016). Minat baca pada siswa kelas VI sekolah dasar negeri Delegan 2 Prambanan Sleman Yogyakarta. E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan, 5(6).
Wulanjani, A.N, Anggraeni, C.W. (2019). Meningkatkan minat membaca melalui gerakan literasi membaca bagi siswa sekolah dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26-31.
DOI: https://doi.org/10.35334/judikdas%20borneo.v6i1.5576
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Neni Novitasari
Contact Person:
A. Wilda Indra Nanna (Hp: 081253670923)
Ady Saputra (Hp: 082329693700)
Alamat Sekretariat:
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jl. Amal Lama No.1 Kota Tarakan, North Kalimantan (Kalimantan Utara) Indonesia
Â
View My Stats