PENGARUH STRESS AKADEMIK DAN KEMAMPUAN NUMERIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK NEGERI KEBONAGUNG

Nelly Indra Meifiani, Rintami Murniati, Ika Noviantari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Stress Akademik dan Kemampuan Numerik terhadap Hasil Belajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri Kebonagung. Teknik pengambilan sample menggunakan simple random sampling. Instrument pengambilan data menggunakan angket. Pengujian hipotesis menggunakan Regresi Linier Berganda dengan metode Stepwise. Hasil penelitianya adalah terdapat pengaruh Kemampuan Numerik terhadap Hasil Belajar Siswa, tidak terdapat pengaruh Stress Akademik terhadap Hasil Belajar Siswa, dan tidak terdapat pengaruh Stess akademik dan Kemampuan Numerik secara bersama-sama terhadap Hasil Belajar Siswa.


Full Text:

PDF

References


Barseli, et(al). 2017. “Konsep Stress Akademikâ€. Jurnal Konseling Indonesia. Vol 5 No. 3 tahun 2017.

Irawan, A. 2014. “Pengaruh Kecerdasan Numerik dan Penugasan Konsep Matematika terhadap Kemampuan Berpikir Kritik Matematikaâ€. Jurnal formatif. Vol. 4 No 1 tahun 2014

Nurhasanah, N., Endang, B., & Lestari, S. 2016. Analisis Layanan Bimbingan dan Konseling Tentang Potensi Diri pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 6 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6 (12).

Oktaviana & Nurmaningsih. 2019. “Kemampuan Numerik mahasiswa Pendidikan matematika IKIP PGRI PONTIANAKâ€. Disajikan dalam semiknar nasional Pendidikan MIPA dan Teknologi (SNPMT II)

Rahmawati dkk. 2015. “Keefektifan Peer Support untuk meningkatkan Self Dicipline Siswa SMPâ€. Jurnal Konseling Indonesia. Vol 2 No. 1 tahun 2015.

Sarafino, E. P & Smith, T. W. 2011. Health Psychology Biopsychosocial Interactions. United States of Amerika

Setyawan, Dedy & Amir, Arnianti. 2020. Jurnal ilmiah Pendidikan Matematika. Pengaruh Kemampuan Numerik terhadap Hasil Belajar Matematika pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 11 Maros Baru. Volume 3, Nomor 2, hal 85-94.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitan Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

------------. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Pemerintah Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.35334/meta.v4i2.3283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Mathematic Education And Aplication Journal (META)



Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Borneo Tarakan


Mailing Address :

Mathematics Education and Application Journal (META)
Faculty Teaching and Learning Education, Borneo Tarakan University
Jl. Amal Lama No 1, Tarakan 50275, Indonesia
E-Mail : metajournalubt@gmail.com
Web : http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/meta
Telp : 085250104307 (Azwar Anwar) Faks. (0551) 2052558

 

 Creative Commons License

Mathematics Education and Application Journal by http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/meta is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.