STUDI LITERATUR : KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA
Abstract
Â
Mathematics learning activities require students' creative thinking skills. Mathematical creative thinking is the ability how to find diverse and new ideas to solve problems in the learning process. Assessing students' mathematical creativity is the goal of this study. Journals and articles related to creative and mathematical thinking skills will be collected as part of the data collection stage using Google Scholar. Systematic Literature Review (SLR) is the method used in this study. The findings of this study indicate that students' mathematical creative thinking skills are needed to find new concepts to solve problems presented during learning. This statement has supported by various theories and research on how to increase students' mathematical creativity during learning.
Â
Keywords: Mathematical Creative Thinking, Mathematics Learning.
Â
Aktivitas pembelajaran matematika sangat memerlukan adanya kemampuan berpikir kreatif pada siswa. Berpikir kreatif matematis adalah kemampuan untuk menemukan ide atau gagasan yang beragam dan baru dalam pemecahan masalah di dalam proses pembelajaran. Mengkaji kemampuan berpikir kreatif matematis siswa merupakan tujuan dari penelitian ini. Pengumpulan artikel yang relevan terkait kemampuan berpikir kreatif matematis akan dilakukan sebagai tahap pengumpulan data dengan menggunakan database google scholar. Systematic Literatur Review (SLR) merupakan metode yang digunakan di penelitian ini. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa diperlukan untuk menemukan konsep-konsep baru untuk memecahkan masalah selama pembelajaran, pernyataan ini didukung oleh berbagai teori dan penelitian tentang bagaimana peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa selama pembelajaran.
Kata kunci: Berpikir Kreatif Matematis, Pembelajaran Matematika.Full Text:
PDFReferences
Anditiasari, N., Emi, P., & Bambang, E. S. (2021). Systematic Literature Review: Pengaruh Motivasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 12(2). 236-248.
Arumsarie, R. A., Widya, K., & Surisno. (2018). Pengembangan Aplikasi Mobile Learning Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Trigonometri. Media Penelitian Pendidikan, 12(1). 65-75.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.
Elizabeth, A., & Maria. M. S. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika IPA IKIP Mataram, 6(2). 66-76.
Faelasofi, R. (2017). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Pokok Bahasan Peluang.
Jurnal Edumath, 3(2). 155-163.
Farida, I. (2021). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Brain Based Learning (BBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Terhadap Siswa. TEACHING: Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1(4). 245-251.
Faridah, N., Isrok'atun, & Ani. N. A. (2016). Pendekatan Open-Ended untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Kepercayaan Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1). 1061-1070.
Febrianti, Y., Yulia, D., & Siti, F. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Dengan Memanfaatkan Lingkungan Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal Profit: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 3(1). 121-127.
Ginting, M. B., Sigid, E. P., & Ayu, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Gammath, 4(1).
Hanipah, N., Anik, Y., & Rippi, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa MTs Pada Materi Lingkaran. Aksioma: Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 7(1). 80-86.
Hormadia, I., & Aan, P. (2021). Syestematic Literature Review: Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Didactial Mathematics, 3(1). 1-7.
Ismara, L., Halini, & Dede, S. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(9). 1-8.
Kemendikbud. Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka 2022. 2022. http://s.id/CP-Rev-2022 (diakses Desember 13, 2022).
—. Sistem Informasi Kurikulum Nasional Pusat Kurikulum dan Pembelajaran. 2022. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/ (diakses Desember 13, 2022).
Lubis, R. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Negeri 1 Pinangsori. Jurnal Education and Development, 3(2). 89-93.
Maharani, R. K., & Delia, I. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pelajaran Matematika Materi Bangun Ruang. JPGSD, 6(4). 506.
Marniati, M., Nasruddin, N., & Nurhafifah, N. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS XII MIA SMA NEGERI 2 KOLAKA. Mathematic Education And Aplication Journal (META), 2(2), 25-36. https://doi.org/10.35334/meta.v2i2.1834a
Masitoh, L. F. (2015). Menigkatkan dan Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 365-370.
Meitiyani, N., & Ali, S. (2019). Membangun Kemampuan Berpikir Kreatif Untuk Mengatasi Masalah Lingkungan Dengan Menggunakan Pembelajaran Otentik. EDUSAINS, 11(2). 298-302.
Nuriadin, I., & Satrio, K. P. (2013). Analisis Korelasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik SMP Negeri 3 Lurangung Kuningan Jawa Barat. Jurnal Ilmu Program Studi Matematika STKIP, 2(1). 65-74.
Nursilawati, I., Iik, N., & Erik, S. (2019). Model Pembelajaran Treffinger Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Journal UIN, 1 (2). 127-133.
PISA. OECD. (2018). https://www.oecd.org/pisa/publications/pisa-2018-results.htm (diakses 12 12,2022).
Pratiwi, R., Feby, I. Y., & Puguh, D. (2022). Penerapan Pembelajaran Berbasis Alternative Solutions Worksheet Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis . Prosiding: Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 2(1). 30-36.
Purwaningrum, J. P. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Discovery Learning Berbasis Scientific Approach. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(2). 149.
Rahmawati, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Dengan Problem Based Activities Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. respotory uinjkt, 1-48.
Rifa'i, R., Asep, S., & Ira, R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Treffinger untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Analisa, 6(1). 1-9.
Sari, R. F., & Ekasatya, A. A. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Belief Siswa Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2). 275-288.
Syahara, M. U., & Erna, P. A. (2021). Analisis Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV Ditinjau Dari Kemampuan Matematika.†Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2). 201-212.
Tambunan, I. P. S., Asrial, & Dwi, M. W. E. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Materi Sistem Koloid di Kelas XI SMA. Respository Universitas Jambi, 1-10.
TIMSS. TIMSS. (2015). https://timssandpirls.bc.edu/timss2015/international-results/timss- 2015/mathematics/student-achievement/ (diakses Desember 12, 2022).
Utami, R. W., Bakti, T. E., & Tjipto, D. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended. Faktor Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(1). 43-48.
Winarti. (2016). Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan, 1(1). 1-8.
Winiarsih, I., Arif, R. H., & Nur, I. S. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dalam Menyelesaikan Soal Matriks Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Tematik, 2(1). 139- 146.
Wulandari, D. A., & Dian, S. N. A. (2019). Kreativitas Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Tingkat Kemampuan Matematika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). 57-66.
DOI: https://doi.org/10.35334/meta.v4i2.3347
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Mathematics Education And Application Journal (META)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Borneo Tarakan
Mailing Address :
Mathematics Education and Application Journal (META)
Faculty Teaching and Learning Education, Borneo Tarakan University
Jl. Amal Lama No 1, Tarakan 50275, Indonesia
E-Mail : metajournalubt@gmail.com
Web : http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/meta
Telp : 085250104307 (Azwar Anwar) Faks. (0551) 2052558
Mathematics Education and Application Journal by http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/meta is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.