MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING : APAKAH MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA?
Abstract
Abstract
The reciprocal teaching-learning model was applied to determine its effect on student’s motivation to learn mathematics at SMP Negeri 11 Tarakan. This study used a quantitative approach to the type of quasi-experimental research. The data collection technique used is a motivational questionnaire to learn mathematics. The sample in this study were students of class VIII-1 and class VIII-2 of SMP Negeri 11 Tarakan. Simple regression analysis was used as a data analysis technique. Based on data analysis, it was found that the reciprocal teaching-learning model had a positive effect on student’s motivation to learn mathematics at SMP Negeri 11 Tarakan.
Keywords: Reciprocal Teaching, Mathematic Learning Motivation
Abstrak
Model pembelajaran reciprocal teaching diterapkan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap motivasi belajar matematika siswa SMP Negeri 11 Tarakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket motivasi belajar matematika. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 dan kelas VIII-2Â SMP Negeri 11 Tarakan. Analisis regresi sederhana digunakan sebagai teknik analisis data. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa model pembelajaran reciprocal teaching berpengaruh positif terhadap motivasi belajar matematika siswa SMP Negeri 11 Tarakan.
Kata kunci: Reciprocal Teaching, Motivasi Belajar Matematika
References
Ammy, P. M. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2442–2453. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.530
Ari, N. L. P. M., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 189–197.
Baeti, N., Mikrayanti, Mutmainah, Silviana, D., Sartika, D., & Muchlis. (2021). Pengaruh Pengunaan Model Reciprocal Teaching terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Tambusai, vol.5, 2936–2940. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1321
Baharuddin, Mania, S., Raoda, W., Rasyid, M. R., & Tayeb, T. (2019). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Motivasi Belajar Dan Pemahaman Konsep Matematika The Effectiveness Of Reciprocal Teaching Model Implementation On Learning Motivation And Understanding Mathematical Concept. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 14–25. https://doi.org/10.24252/auladuna.v6i1a3.2019
Chotima, M. C., Hartono, Y., & Kesumawati, N. (2019). Pengaruh reciprocal teaching terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari self-efficacy siswa. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 71–79. https://doi.org/10.21831/pg.v14i1.22375
Gita, I. G. N. A. P., et al. "Pengaruh Model Reciprocal Teaching Terhadap Pemahaman Konsep Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus 1 Di Kecamatan Sidemen Kabupaten Karangasem Tahun Pelajaran 2013/2014." Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha, vol. 4, no. 1, 2014.
Handayani, A. D., Hermansyah, H., & Susanti, D. (2022). Pengaruh aplikasi quizizz terhadap motivasi belajar matematika siswa. Mathematic Education And Aplication Journal (META), 4(1), 1-7. https://doi.org/10.35334/meta.v4i1.2651
Hrp, N. A., & Adi, P. N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Dengan Terapan Metode Scaffolding Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP. 3, 70–78. https://doi.org/10.30598/jumadikavol3iss2year2021page70-78
Hutauruk, E. E., Anzelina, D., Abi, A. R., & Silaban, P. J. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2116–2121. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1011
Ibrahim. (2017). Perpaduan Model Pembelajaran Aktif Konvensional (Ceramah) Dengan Cooperatif (Make-A Match) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 3(2), 199–212. http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i2.3597
Pradja, B.P., & Firmansyah, M. A. (2020). Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. 2(2), 159–166. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i2.5829
Rismawati, M., Khairiati, E., Pendidikan Matematika, P., Persada Khatulistiwa, S., Harapan Tempunak, B., & Sintang, K. (2020). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 203-212. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i2.860
Sardiman, A. M. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers.
Siregar, S. M., Siregar, E. Y., & Harahap, S. D. (2020). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal MathEdu, 3(1), 97–104.
Shoimin, Aris. (2014). 68 Model pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Zahwa, N. R., & Erwin. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7503–7509. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3538
DOI: https://doi.org/10.35334/meta.v5i1.3367
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Mathematic Education And Aplication Journal (META)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Borneo Tarakan
Mailing Address :
Mathematics Education and Application Journal (META)
Faculty Teaching and Learning Education, Borneo Tarakan University
Jl. Amal Lama No 1, Tarakan 50275, Indonesia
E-Mail : metajournalubt@gmail.com
Web : http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/meta
Telp : 085250104307 (Azwar Anwar) Faks. (0551) 2052558
Mathematics Education and Application Journal by http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/meta is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.