ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA MENURUT SKEMA FONG PADA MATERI IRISAN KERUCUT DALAM PEMBELAJARAN GEOMETRI ANALITIK

Yasmin Arifatun Sadidah, Eyus Sudihartinih

Abstract


Abstract

The purpose of this study was to describe the results of student error analysis on conic sections according to the Fong scheme. This study uses qualitative research with descriptive methods. The participants in this study were students from a university in West Java, Indonesia who took an analytical geometry course. Based on the results of the study it was known that more than half of the participants made mistakes in the conic section material. At the first level, the most errors made by students for parabola material were incomplete schemes with errors, for elliptical materials were incomplete schemes with errors and complete schemes with errors, for hyperbola material there was no solution. At the second level, the errors made by students for parabola material were language and operational errors, for elliptical material were operational errors, mathematical and psychological themes, for hyperbola material were mathematical theme errors. Therefore, teachers should design teaching materials that can facilitate students' understanding of the topic of conic sections so as to minimize errors.

Keywords: Analytical Geometry, Conic Sections, Fault Analysis, Fong Schematics

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil analisis kesalahan mahasiswa pada materi irisan kerucut menurut skema Fong. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Partisipan penelitian ini adalah mahasiswa salah satu universitas di Jawa Barat, Indonesia yang mengikuti mata kuliah geometri analitik. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa lebih dari setengah partisipan yang melakukan kesalahan pada materi irisan kerucut. Pada tingkat pertama kesalahan yang paling banyak dilakukan mahasiswa untuk materi parabola adalah skema tidak lengkap dengan kesalahan, untuk materi ellips adalah skema tidak lengkap dengan kesalahan dan skema lengkap dengan kesalahan, untuk materi hiperbola adalah tidak ada penyelesaian. Pada tingkat kedua kesalahan yang dilakukan mahasiswa untuk materi parabola adalah kesalahan bahasa dan operasional, untuk materi ellips adalah kesalahan opersai, tema matematis dan psikologi, untuk materi hiperbola adalah kesalahan tema matematis. Oleh karena itu, hendaknya pengajar mendesain bahan ajar yang dapat menfasilitasi pemahaman mahasiswa pada topik irisan kerucut sehingga dapat meminimalisir kesalahan.

Kata kunci: Geometri Analitik, Irisan Kerucut, Analisis Kesalahan, Skema Fong


Full Text:

PDF

References


Azka, R., Nurvitasari , I., & Permatasari , D. . (2021). Penyelesaian Soal Geometri Analitik Mahasiswa Ditinjau dari Karakteristik Cara Berpikir. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 3(2), 76–88. https://doi.org/10.14421/jppm.2021.32.76-88

Elsa, H. A., & Sudihartinih, E. (2020). Error Analysis of High School Students on Linear Program Topics Based on Newman Error Analysis. Mathematics Education Journal, 4(1), 7. https://doi.org/10.22219/mej.v4i1.11466

Endriana, N., Wardi, Z., & Najibatussakinah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Geogebra Guna Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Mathematic Education And Aplication, 2(2), 18–24. https://doi.org/10.35334/meta.v2i2.1833

Fong, H.-K. (1993). Schematic Model For Categorizing Children’s Errors In Mathematics. Third Misconceptions Seminar Proceedings, 1–28.

Hartini. (2020). Profil Kesalahan Konseptual dan Prosedural Mahasiswa STKIP Paris Barantai dalam Menyelesaikan Soal Geometri Analitik Datar. CENDEKIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan , 8(1), 22–31. https://doi.org/10.33659/cip.v8i1.147

Hidayati, A. M. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Dengan Fong’s Schematic Model For Error Analysis. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika (JP2M) , 3(2), 128–137. https://doi.org/10.29100/jp2m.v3i2.1764

Ikashaum, F., Mustika, J., Wulantina, E., & Cahyo, E. D. (2021). Analisis Kesalahan Representasi Simbolik Mahasiswa Pada Soal Geometri Analitik Bidang. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 9(1), 57–68. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v9i1.1701

Khasinah, S. (2021). Discovery Learning: Definisi, Sintaksis, Keunggulan dan Kelemahan. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(3), 402–413. https://doi.org/10.22373/jm.v11i3.5821

Marits, M., & Sudihartinih, E. (2022). Analisis Kesalahan Peserta Didik Pada Topik Persamaan Garis Berdasarkan Newman Error Analysis. Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 14(2), 175–186. https://doi.org/10.20884/1.jmp.2022.14.2.5783

Masud, S. (2020). Analisis Kesalahan Fakta Dan Konsep Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Analitik Ruang. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(2), 147–162. https://doi.org/10.30863/didaktika.v14i2.909

Rahmawati, U., Sudirman, & Sisworo. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Field Independent dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial dengan Model Skema Fong beserta Scaffoldingnya. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(8), 1100–1109. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i8.11502

Sara, H., Marlina, E., Agustin, D. D., & Haerul, J. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Dengan Fong’S Schematic Model for Error Analysis Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 6(1), 23-36. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v6i1.2504

Sari, N. M., Rahayu, A., dan Handican, R. (2022). Pandangan Mahasiswa Terhadap Penggunaan ICT Dalam Pembelajaran Matematika. Mathematic Education And Aplication Journal (META), 4(2), 56-67. https://doi.org/10.35334/meta.v4i2.3297

Sari, P. P. (2016). Analisis Kasus Rendahnya Prestasi Belajar Matematika Siswa pada Materi Irisan Kerucut dan Solusi Pemecahannya di Kelas XI IA 2 SMAIT Nur Hidayah. Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya (KNPMP I) Universitas Muhammadiyah Surakarta, 12 Maret 2016, 12, 449–458.

Sari, R. M. M., & Roesdiana, L. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Geometri. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2), 209–214. https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4253

Sudihartinih, E. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Konsep Titik Dan Garis Pada Bidang. Journal of Educational Innovation), 5(1), 12-18. https://doi.org/10.18551/erudio.5-1.2 https://doi.org/10.18551/erudio.5-1.2

Sudihartinih, E., & Purniati, T. (2020). Students’ Mistakes and Misconceptions on the Subject of Conics. International Journal of Education, 12(2), 92–100. https://doi.org/10.17509/ije.v12i2.19130

Sugandi, A. I., Sofyan, D., & Ratnasari, D. (2022). Identifikasi Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal-soal pada Mata Kuliah Geometri Analitik. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(4), 1209–1220. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i4.1209-1220

Suprapti, E. D. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar Irisan Kerucut Melalui Model Discovery Learning. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kependidikan, 8(1), 70–81. https://doi.org/10.35438/e.v8i1.226




DOI: https://doi.org/10.35334/meta.v5i1.3751

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Mathematic Education And Aplication Journal (META)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Borneo Tarakan


Mailing Address :

Mathematics Education and Application Journal (META)
Faculty Teaching and Learning Education, Borneo Tarakan University
Jl. Amal Lama No 1, Tarakan 50275, Indonesia
E-Mail : metajournalubt@gmail.com
Web : http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/meta
Telp : 085250104307 (Azwar Anwar) Faks. (0551) 2052558

 

 Creative Commons License

Mathematics Education and Application Journal by http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/meta is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.