ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIS GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MATEMATIS SISWA

Moh. Supratman, Helmi Rahmawati, Fatimatus Solihah

Abstract


The aim of this research is to explain how teachers acquire teaching skills to develop students' mathematical competence. The research method used is literature study. This research was conducted using a systematic literature review (SLR) approach. The data collection instrument was an article, carried out using the Publish Or Perish (POP) application then entered into Google Schoolar with the keyword "pedagogy development for mathematics teachers". The articles collected are articles published in SINTA accredited journals during the period 2015 to 2022. The results of the analysis can be concluded as follows; 1) Mathematical competency is mastery of knowledge and mathematical skills consisting of hard skills and soft skills. Mathematics hard skills are students' thinking abilities that enable them to gain significant knowledge. Meanwhile, soft skills are skills possessed in interactions with other people. 2) Teacher ability is the teacher's ability to understand students and master interactive and pedagogical learning. 3) The mathematics MGMP forum can help mathematics teachers gain pedagogical competence. They can also receive training and workshops, support for using new technology, and empowerment through supervision.

Keywords: Pedagogical Competency; Mathematical Skills

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana guru memperoleh keterampilan mengajar untuk mengembangkan kompetensi matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan sistematik literatur review (SLR). Instrumen pengumpulan data berupa artikel, dilakukan menggunakan aplikasi Publish Or Perish (POP) kemudian masuk ke google schoolar dengan kata kunci “pengembangan pedagogi untuk guru matematika”. Artikel yang dikumpulkan merupakan artikel yang diterbitkan pada jurnal terakreditasi SINTA selama periode 2015 hingga 2022. Hasil analisis dapat disimpulkan yaitu; 1) Kompetensi matematika adalah penguasaan ilmu pengetahuan dan keterampilan matematika yang terdiri dari hard skill dan soft skill. Hard skill matematika adalah kemampuan berpikir siswa yang memungkinkan mereka memperoleh pengetahuan yang signifikan. Sedangkan soft skill adalah keterampilan yang dimiliki dalam interaksi dengan orang lain. 2) Kemampuan guru adalah kemampuan guru untuk memahami siswa dan menguasai pembelajaran interaktif dan pedagogis. 3) Forum MGMP matematika dapat membantu guru matematika memperoleh kompetensi pedagogis. Mereka juga dapat mendapatkan pelatihan dan worshop, dukungan untuk menggunakan teknologi baru, dan pemberdayaan melalui supervisi.

 

Kata kunci: Kompetensi Pedagogi; Keterampilan Matematis


Full Text:

PDF

References


Jailani, D. (2018). Desain Pembelajaran Matematika Untuk Melatihkan Higher Order Thinking

Skills. In UNY Press (Issue September 2019).

Jurotun1, Samsudi2, Titi Prihatin3. (2015). Model supervisi akademik terpadu berbasis pemberdayaan mgmp untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru matematika. Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan. Vol. 2, No. 1, Juni 2015

http://i-rpp.com/index.php/jptsk/article/download/222/222

Ciptianingsari Ayu Vitantri1, Tafsillatul Mufida Asriningsih2. (2016). Efektivitas Lesson Study Pada Peningkatan Kompetensi Calon Guru Matematika.

http://journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/article/view/505

Rais Supriyanto. (2019). Profil Peran MGMP Matematika Dalam Pengembangan Kompetensi Pedagogik guru, Motivasi dan Karakter Siswa. PEDIAMATIKA: Journal of Mathematical Science and Mathematics Education, Vol.01(02), Mei 2019 https://www.jurnal.syekhnurjati.ac.id/index.php/pmat/article/view/5085

Loviga Denny Pratama1, Wahyu Lestari2. (2020). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 04, No. 01, Mei 2020, pp. 278-285.

https://www.j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/207

Himmawati P.L, Hartono, dkk. (2020). Peningkatan Profesionalisme Guru Matematika SMK Se-

Gunung kidul Melalui Workshop Pemodelan Matematika. J. Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA, 2020, 4 (1), 66-70.

https://journal.uny.ac.id/index.php/jpmmp/article/view/34079

Wulandari1, Marhami2, Rohantizani3, Muliana4. (2020). Peningkatan Kompetensi Dan Kreativitas

Guru Smp Melalui Pelatihan Pembuatan Soal-Soal Berbasis Higher Order Thinking Skill (Hots). INTEGRITAS: Jurnal Pengabdian. Vol 4, No 2, Desember 2020.

https://unars.ac.id/ojs/index.php/integritas/article/view/752

Rina Oktaviyanthi1*, Eva Safaah2, Ria Noviana Agus3. (2017). Pemberdayaan Keterampilan Guru Matematika Dalam Menyusun Bahan Ajar berbantuan Mathematics Education Software. Jurnal Pengabdian Masyarakat Wikrama Parahita 2017, Volume 1 Nomor 1: 19 – 24.

http://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/parahita/article/view/270

Ibnu Rafi1, Nurrita Sabrina2. (2019). Pengintegrasian TPACK dalam Pembelajaran Transformasi Geometri SMA untuk Mengembangkan Profesionalitas GuruMatematika. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education

https://files.osf.io/v1/resources/v2ygb/providers/osfstorage/5c94fd332ea47a001c7 90f6d?action=download&direct&version=1

Darwin Siregar. (2019). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Melalui Supervisi Akademik dengan Teknik Kunjungan Kelas. https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jax/article/view/198

Risnita. (2021). Peningkatan Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Prefesional Guru Dengan Penerapan Supervisi Klinis Teman Sejawat. Majamath: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Volume 4 Nomor 2 September 2021.

http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamath/article/view/1216

Mega Wulandari1, Ade Iriani2. (2018). Pengembangan Modul Pelatihan PCK dalam Meningkatkan Kompetensi professional dan Pedagogik guru Matematika SMP. Jurnal Manajemen Pendidikan. Volume: 5, No. 2, Juli-Desember 2018.

https://ejournal.uksw.edu/kelola/article/view/2126

I Gusti Nyoman Yudi Hartawan1 , I Gusti Putu Sudiarta2 , Djoko Waluyo3.( 2018). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Mengembangkan Media PembelajaranMatematika Berbasis White board animation video. Jurnal Widya Laksana, Vol. 7, No. 1, Januari 2018

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPKM/article/view/11710

Moh. Hafiyusholeh, Ahmad Lubab, dkk. (2020). Pendampingan Guru madrasah untuk Mewujudkan Kompetensi Pedagogik Guru Matematika yang Berdaya Melalui Penguasaan Soal HOTS. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Volume 04, Number

http://engagement.fkdp.or.id/index.php/engagement/article/view/97

Ratnawati Susanto. (2021). Analisis Dukungan Emosional dan Penerapan Model kompetensi Pedagogik Terhadap Keterampilan Dasar Mengajar.

https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Journal-24385-11_2510.pdf

Khaerul Anam1, Gunawan Wiradharma2, dkk. (2021). Peran Kompetensi Guru Terhadap Problem Solving Siswa. JOEAI (Journal of Education and Instruction) Volume 4,

Desember 2021. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOEAI/article/view/2663

Barrody, A, J. (1993). Problem Solving, Reasoning, and Communicating, K-8 Helping Children Think Mathematically. New York Macmillan Publishing Company

BSKAP Kemendikbudristek. (2021). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Pusat Perbukuan dan Penelitian

Fisher. (2009). Teaching for Thinking: Lenguage and math and Teaching for Thinking Across The

Curriculum. Oxford: Brasil Blackwell

Glazer, e. (2001). Using Internet Primary Sources to Teach Critical Thinking Skills in Mathematic.

London: Greenwood Press

Hawin F., Tri J.K., Wika B.U. (2017). Pengaruh Penerapan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Matematika Berbasis K-13 Terhadap Prestasi Belajar. Aksioma Vol.

No. 1, Juli 2017

Heris H., Euis E.R., Utari S. (2021). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika

Aditama

Kiel, E., Lerche, T. Kollmannsberger, M., Oubaid, V., & Weiss, S. (2016). The Pedagogic Signature of the Teaching Profession. Journal of Education and Learning, 5(4), 201. https://doi.org/10.5539/jel.v5n4p201

Laporan Hasil Ujian Nasional | Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan (kemdikbud.go.id)

Marisana, D., Iskandar, S., & Kurniawan, D. T. (2023). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 7(1), 139–150.

Neraca Pendidikan Daerah (kemdikbud.go.id)

OECD/Asian Development Bank. (2015). Review of National Policies for Education, Education in Indonesia Rising to the Challenge. OECD Publishing, Paris, diakses dari http://dx.doi.org.10.1787/9789264230750

Parker, L. (2018). Teacher Competencies or Certification Competencies. Behavioral Disorders, 5(3), 163–168. https://doi.org/10.1177/019874298000500307

Rose, D. (2018). Pedagogic register analysis: mapping choices in teaching and learning. Functional Linguistics, 5(1). https://doi.org/10.1186/s40554-018-0053-0

Sumarmo, U. (2012). Pendidikan Karakter serta Pengembangan Berpikir dan Disposisi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. FPMIPA UPI

The Partnership for 21st Century Skills. (2007). Framework for 21st Century Learning. Dapat diakses di www.p21




DOI: https://doi.org/10.35334/meta.v5i2.4860

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 suprat supratman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Borneo Tarakan


Mailing Address :

Mathematics Education and Application Journal (META)
Faculty Teaching and Learning Education, Borneo Tarakan University
Jl. Amal Lama No 1, Tarakan 50275, Indonesia
E-Mail : metajournalubt@gmail.com
Web : http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/meta
Telp : 085250104307 (Azwar Anwar) Faks. (0551) 2052558

 

 Creative Commons License

Mathematics Education and Application Journal by http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/meta is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.