KUALITAS BUTIR SOAL ASESMEN FORMATIF MATERI BILANGAN BULAT

Ajeng Kristina, Suciati Suciati, Jero Budi Darmayasa

Abstract


The aim of this research is to explore the quality of formative assessment of integer material using descriptive quantitative research. The quality of test item is reviewed based on the attributes of validity, reliability and item characteristics. Proving content validity uses Aiken's V, while the reliability coefficient estimation uses Cronbach's Alpha. estimation of item parameters using classical test theory assisted by ITEMAN 4.3 software. Based on the validation results, 11 of the 20 test items met the valid criteria, while the other items were invalid. The assessment instrument has high consistency in terms of the reliability coefficient of 0.797. The results of the item parameter estimation show that as many as 19 items have a level of difficulty that is in the medium category or stated to be good, because the level of difficulty lies in the interval 0.31-0.70. Based on the distinguishing power parameter, the eight test item were able to differentiate between high ability test taker and low ability (rpbis > 0.30). Judgig from function of the distractor/distractors, the 14 items of the distractor answer distribution test functioned well (Prop.Endorsing >= 0.05). The fulfillment of the item quality criteria in the formative assessment instrument shows that the instrument can be applied to monitor the development of students' learning procesess, because the instrument is able to provide reliable information regarding students' needs in whole number material and is able to describe students' abilities well.

Keywords : Formative Assessment, ITEMAN. and Item Quality


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menelusuri kualitas asesmen formatif materi bilangan bulat dengan menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Kualitas butir tes ditinjau berdasarkan atribut validitas, reliabilitas, dan karakteristik butir. Pembuktian validitas isi menggunakan V Aiken, sedangkan estimasi koefisien reliabilitas menggunakan alpha cronbach. Estimasi paramater butir menggunakan teori tes klasik berbantuan software ITEMAN 4.3. Berdasarkan hasil validasi, 11 dari butir 20 butir tes memenuhi kriteria valid, sedangkan butir lainnya tidak valid.  Instrumen asesmen memiliki konsistensi yang tinggi ditinjau dari koefisien reliabilitas sebesar 0,797. Hasil estimasi parameter butir menunjukkan sebanyak 19 butir soal tingkat kesukarannya berada pada kategori sedang atau dinyatakan baik, karena tingkat kesukaran terletak pada interval  0,31–0,70. Berdasarkan parameter daya pembeda, delapan butir tes mampu membedakan kemampuan peserta tes yang tinggi dan kemampuan rendah (rpbis > 0,30). Ditinjau dari keberfungsian pengecoh/distraktor, 14 butir tes sebaran jawaban pengecohnya berfungsi dengan baik (Prop.Endorsing . Terpenuhinya kriteria kualitas butir pada instrumen asesmen formatif menunjukkan bahwa instrumen tersebut dapat diterapkan untuk memantau perkembangan proses pembelajaran peserta didik, karena instrumen mampu memberikan informasi yang terpercaya mengenai kebutuhan peserta didik pada materi bilangan bulat dan mampu menggambarkan kemampuan peserta didik dengan baik.

Kata Kunci: Asesmen Formatif, ITEMAN, dan Kualitas Butir


Full Text:

PDF

References


Arbiatin, E., & Mulabbiyah. (2020). Analisis Kelayakan Butir Soal Tes Penilaian Akhir Semester Mata Pelajaran Matematika Kelas IV di SDN Ampenan Tahun Pelajaran 2019/2020. El-Midad Jurnal PGMI, 12(2), 146-171.

Fietri, W. A., Zulyusri, & Violita. (2021). Analisis Butir Soal Biologi kelas XI Madrasah Aliyah Sakinah Kerinci Menggunakan Program Komputer Anates 4.0 for Windows. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 7(1), 28-35.

Fitrianawati, M. (2017). Peran Analisis Butir Soal Guna Meningkatkan Kualitas Butir Soal, Kompetensi Guru dan Hasil Belajar Peserta Didik. Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa.

Julaiha, S., Suciati., & Widyawati, E. (2022). Pengembangan Instrumen Tes Higher Order Thinking Skill (HOTS) Matematika SMA dengan Konteks Kehidupan Tanjung Palas. Mathematics Education and Application Journal (META),4(1), 14-25.

Marambaawang, D., Bano, V. O., & Enda, R.R. H., (2023). Analisis Kualitas Butir Soal Penilaian Akhir Semester Gasal Tahun 2021/2022 Menggunakan Iteman di SMP Negeri 1 Kambera. DE Journal: Dharmas Education Journal, 4 (1), 233-243.

Nasution, S. W. (2022). Assessment Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 135-142.

Nuryanti, S., Masykuri, M., & Susilowati, E. (2018). Analisis Iteman dan Model Rasch pada Pengembangan Instrumen Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 224-233.

Purnama, D. N., & Alfarisa, F. (2020). Karakteristik Butir Soal Try Out Kejuruan Akuntansi SMK Berdasarkan Teori Tes Klasik dan Teori Respon Butir. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 18(1), 36-46.

Purwati, H., Retnawati, H., Jailani, & Retnowati, T. H. (2021). Analisis Karakteristik Butir Soal Ujian Nasional Matematika SMP/MTs Berdasarkan Pendekatan Teori Tes Klasik. Jurnal Sains dan Edukasi Sains, 4(2), 46-51.

Putri, D. J., Armis, & Sakur. (2024). Pengembangan Instrumen Asesmen Kemampuan Penalaran Matematis Konten Perbandingan untuk Siswa Fase D. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 6(2), 944-962.

Radja, A. P., Bano, V. O. & Ina, A. T. (2023). Analisis Kualitas Butir Soal hasil belajar Peserta Didik berdasarkan Tingkat kesukaran, Daya Beda dan Efektivitas Pengecoh di SMAN 1 Pandawai. Jurnal Edusavana, 1(1), 30-41.

Setiawan, R. A., & Wijayanti, P. S. (2020). Analisis Kualitas Instrumen untuk mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 1(2), 130-139.

Suciati, Munadi, S., Sugiman, &Febriyanti, W. D. R. (2020). Design and Validation of Mathematical Literacy Instruments for Assessment for Learning in Indonesia. European Journal of Educational Research, 9(2), 865 – 875.




DOI: https://doi.org/10.35334/meta.v6i1.5393

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ajeng Kristina, Suciati, Jero Budi Darmayasa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Borneo Tarakan


Mailing Address :

Mathematics Education and Application Journal (META)
Faculty Teaching and Learning Education, Borneo Tarakan University
Jl. Amal Lama No 1, Tarakan 50275, Indonesia
E-Mail : metajournalubt@gmail.com
Web : http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/meta
Telp : 085250104307 (Azwar Anwar) Faks. (0551) 2052558

 

 Creative Commons License

Mathematics Education and Application Journal by http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/meta is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.