TaRL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP N 2 TARAKAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep matematika peserta didik menggunakan pendekatan Teaching at The Right Level melalui model Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Tahapan PTK dalam penelitian ini merujuk pada desain Kemmis dan Taggart dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah 24 orang peserta didik kelas VII-A SMP Negeri 2 Tarakan. Keterlaksanaan penerapan pendekatan TARL melalui model Problem Based Learning dinilai dengan instrumen lembar observasi dan pemahaman konsep matematika diukur dengan soal tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor keterlaksanaan kegiatan pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus 1 sebesar 3,0 menjadi 3,7 pada siklus 2. Pemahaman konsep matematika peserta didik juga mengalami peningkatan sebesar 16.67 %. Pada siklus 1 persentase hasil tes pemahaman konsep matematika peserta didik pada rentang 3,66 < x 4 sebanyak 83.33% meningkat menjadi 100% pada siklus 2. Hal ini menunjukkan bahwa peneliti mampu menerapkan pendekatan TARL dengan model pembelajaran Problem Based Learning dengan sangat baik dan penerapan pendekatan Teaching at The Right Level dengan model Problem Based Learning dalam kegiatan pembelajaran mampu meningkatan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VII-A SMP Negeri 2 Tarakan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alzanatul Umam, M., & Zulkarnaen, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1),
–312. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1993
Ananda, D., & Adi, P. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Pendekatan Teaching At The Right Level dalam Pembelajaran Memaknai Informasi Teks Berita Kelas VII SMPN 2 Pakis. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(2). https://doi.org/10.17977/um065.v4.i2.2024.8
Anggereini, E., Matematika, P., & Jambi, U. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika ditinjau dari Multiple Intelligences Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 7(2), 192–200.
Astuti, R., Mardiyana, & Triyanto. (2020). Analysis of the Problem Based Learning Syntax in Vocational Mathematics Books on Matrix Material. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding,7(1),704–710. http://ijmmu.comhttp//dx.doi.org/10.18415/ijmmu.v7i1.1382
Banerji, R., & Chavan, M. (2020). A twenty-year partnership of practice and research: The Nobel laureates and Pratham in India. World Development, 127, 104788.
https://doi.org/10.1016/j.worlddev.2019.104788
Eikeland, I., & Ohna, S. E. (2022). Differentiation in education: a configurative review. Nordic Journal of Studies in Educational Policy, 8(3), 157–170. https://doi.org/10.1080/20020317.2022.2039351
Eviana, M. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Luas Permukaan Bangun Ruang dan Mengatasi Kejenuhan pada Siswa Kelas Vi A di Labat Kota
Kupang Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Lazuardi, 6(1), 1–23.
Ginting, & Sutirna. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Maju, 8, 350–357.
Jailani, Sugiman, Retnawati, H., Bukhori, Apino, E., Djidu, H., & Arifin, Z. (2018). Desain Pembelajaran Matematika untuk Melatihkan Higher Order Thinking Skills. In H. Retnawati (Ed.).UNY Press.
DOI: https://doi.org/10.35334/meta.v6i2.5828
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 ASTRIE PRATIWI DAMAYANTI, Suciati Suciati, Arief Ertha Kusuma

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Borneo Tarakan
Mailing Address :
Mathematics Education and Application Journal (META)
Faculty Teaching and Learning Education, Borneo Tarakan University
Jl. Amal Lama No 1, Tarakan 50275, Indonesia
E-Mail : metajournalubt@gmail.com
Web : http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/meta
Telp : 085250104307 (Azwar Anwar) Faks. (0551) 2052558
Mathematics Education and Application Journal by http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/meta is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.