PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI TINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TA 2022/2023

Aprodita Lina Pratiwi, Rina Astuti

Abstract


Problem Based Learning (PBL) merupakan model pembelajaran yang memfasilitasi pembelajaran bermakna. Tujuan dari PBL adalah untuk menerapkan keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan pengetahuan konten untuk memecahkan masalah. Berpikir kritis penting untuk mengembangkan kemampuan kognitif dan menyimpan informasi secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa setelah penggunaan model pembelajaran problem based learning kelas X pada materi pencemaran lingkungan di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta ta 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi eksperimen dengan desain post test control group design. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga didapatkan dua kelas yang terbagi atas kelas kontrol dan kelas eksperimen. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes berupa posttest dan tes kemampuan berpikir kritis. Hasil dari penelitian ini  nilai sig (2-tailed) 0.628 > 0.05 maka keputusan H0 diterima dan dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, sedangkan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model Problem Based Learning meningkat sebesar 1,7%.



Full Text:

PDF

References


Adiwiguna, P. S., Dantes, N., & Gunamantha, I. M. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning ( Pbl ) Berorientasi Stem Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Literasi Sains Siswa Kelas V Sd Di Gugus I Gusti Ketut Pudja. 3(2), 94–103.

Ariyanto, S. R., Wulan, I., Lestari, P., & Hasanah, S. U. (2020). Problem Based Learning And Argumentation Sebagai Solusi Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smk. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 197–205.

Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis Atas Model Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam). Tarbawy, 6(1), 19–32. Https://Doi.Org/10.17509/T.V6i1.20569

Ati, T. P., Setiawan, Y., Kristen, U., & Wacana, S. (2020). Efektivitas Problem Based Learning-Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam. 04(01), 294–303.

Bilkisda, I. Z., & Sudibyo, E. (2021). Pengaruh Pembelajaran E-Learning Edmodo Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Pada Materi Kalor Dan Perpindahannya. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(2), 193–198. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/index

Desnylasari, E., Mulyani, S., & Mulyani, B. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Problem Based Learning Pada Materi Termokimia Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Xi Tahun Pelajaran. Jurnal Pendidikan Kimia, 5(1), 134–142.

Dewina, S., Suganda, O., & Widiantie, R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Menganalisis Dan Keterampilan Berargumentasi Siswa Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Di Kelas X. Quagga : Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 9(02), 46–54. Https://Doi.Org/10.25134/Quagga.V9i02.748

Harahap, D. P., Restuati, M., & Hardiansyah. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Pada Materi Pokok Bahasan Virus Dikelas X Man Rantau Prapat. Jurnal Pelita Pendidikan, 5(1), 47–51.

Herzon, H. H., Budijanto, & Dwiyono, H. U. (2018). Pengaruh Problem-Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan: TEori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1), 42–46. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Lee, M. Y., Rillero, P., Kinach, B. M., Merritt, J., Lee, M. Y., Rillero, P., Kinach, B. M., & State, A. (2017). The Interdisciplinary Journal Of Problem-Based Learning Special Issue On Competency Orientation In Problem-Based Learning Problem- Based Learning In K – 8 Mathematics And Science Education : A Literature Review. 11(2), 5–17.

Lestaringsih, E. D., & Wijayatiningsih, T. D. (2017). Pengembangan Model Problem Based Learning dan Blended Learning dalam Pembelajaran Pemantapan Kemampuan Profesional Siswa. LITE Jurnal Bahasa Sastra Dan Budaya, 13(2), 105–121. https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/lite/article/view/1714

Muljani, S., & Purnomo, A. (2022). Rancangan Pembelajaran Berkarakteristik dan Inovatif Abad 21 pada Materi Gelombang dengan Model Pembelajaran Discovery Learning di SMKN 1 Dukuhturi. Cakrawala Jurnal Pendidikan, 1(1), 214–221.

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16.

Nugraha, W. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Penguasaan Konsep Ipa Siswa Sd Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 10(2), 115. https://doi.org/10.17509/eh.v10i2.11907

Rahayu, R., & Ismawati, R. (2019). Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pencemaran Lingkungan Sebagai Upaya Melatih Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa Smk. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 2(2), 221–226. https://doi.org/10.31002/nse.v2i2.706

Safna, O. P., & Wulandari, S. S. (2018). Pengaruh Motivasi, Disiplin Belajar, Dan Kemampuan Berpiki Kritis Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(2), 140–154.

Hariatik, Suciati, & Sugiyarto. (2016). Pembelajaran Biologi Model Problem Based Learning ( Pbl ) Disertai Dialog Socrates ( Ds ) Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Kemampuan Memecahkan Masalah Kelas X. Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 45–51.

Septiani, I., Lesmono, A. D., & Harimukti, A. (2020). Analisis Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan Stem Pada Materi Vektor Di Kelas X Mipa 3 Sman 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(2), 64–70. https://doi.org/10.19184/jpf.v9i1.17969

Simatupang, H., & Ionita, F. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Pencemaran Lingkungan Siswa Sma Negeri 13 Medan. Jurnal Biolokus, 3(1), 245. Https://Doi.Org/10.30821/Biolokus.V3i1.680

Sugiharto, B., Corebima, A. D., Susilo, H., & Ibrohim. (2019). The Pre-Service Biology Teacher Readiness In Blended Collaborative Problem Based Learning ( Bcpbl ). International Journal Of Instruction, 12(4), 113–130.

Syahrul, R., Sumarmin, R., Helendra, H., & Yogica, R. (2021). Analisis Berpikir Kritis Siswa Sman 4 Padang Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 5(1), 25–32. Https://Doi.Org/10.24036/Jep/Vol5-Iss1/565

Yunita, S., Rohiat, S., & Amir, H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran Kimia Pada Siswakelas Xi Ipa Sman 1 Kepahiang. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia, 2(1), 33–38




DOI: https://doi.org/10.35334/biopedagogia.v5i1.3054

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Abstracted/Indexed by:

Dimensions Sinta Science and Technology Index Google Scholar Garuda   

Creative Commons License