PROSPEK DAN KONTRIBUSI KOMODITAS PADI (Oriza sativa) TERHADAP PDRB SEKTOR PERTANIAN DI PROVINSI KALIMANTAN UTARA, INDONESIA

Nurlela Machmuddin, Khaerunnisa Khaerunnisa, Emilianus Liko

Abstract


Kalimantan Utara sebagai salah satu provinsi baru dan berada langsung di wilayah perbatasan dituntut untuk dapat mengembangkan sumberdaya alam yang dimiliki secara optimal utamanya di sektor pertanian dalam hal pemenuhan pangan beras yang semakin meningkat dan diharapkan dapat menjadi wilayah penyangga pangan untuk ibu kota baru nantinya.  Besar kecilnya produksi padi akan berpengaruh terhadap ketersediaan padi atau beras dan secara tidak langsung juga berdampak pada  kontribusinya terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui  prospek perkembangan komoditas padi di Provisi Kalimantan Utara ditinjau dari produksi, luas panen dan produktivitasnya; dan menganalisis kontribusi subsektor tanaman pangan terhadap PDRB bidang usaha pertanian, peternakan, perburuan dan jasa di Provisi Kalimantan Utara. Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan review literature dan penelusuran data sekunder berupa jenis data time series periode tahun 2013-2018. Analisis trend linier dan rumus proporsi digunakan Untuk mengetahui prospek dan kontribusi. Hasil analisis trend menunjukkan bahwa produksi padi cenderung mengalami trend penurunan yang diakibatkan olah trend penurunan luas panen, sedangkan produktivitasnya cenderung mengalami pelandaian (levelling off). Hal ini menunjukkan bahwa komoditas padi belum mampu dijadikan sebagai sektor unggulan di provinsi Kalimantan Utara. 2) kontribusi subsektor tanaman pangan terhadap PDRB bidang usaha pertanian, peternakan, perbutuan dan jasa di Provisi Kalimantan Utara sebesar 11.94 persen di bawah rata-rata kontribusi di sektor tersebut (15.09 persen) sehingga dapat disimpulkan bahwa Provinsi Kalimantan Utara belum bisa mengandalkan sub sektor tanaman pangan untuk peningkatan PDRB.

 

Kata kunci: Padi, PDRB, Sektor Pertanian


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35334/jek.v12i1.1656

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ekonomika

Indexed By


Mailing Adress

Fakultas Ekonomi, Universitas Borneo Tarakan, Jl. Amal Lama No. 1 Tarakan. Kalimantan Utara.

Email :  jurnalekonomikafeubt@gmail.com

Website : http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/ekonomika


Lisensi Creative Commons
Semua publikasi di Jurnal Ekonomika dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .