PENGARUH KUALITAS PRODUK, PERSEPSI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SERVICE POINT ORIFLAME 1774 SEKAYU

Ellisyah Mindari

Abstract


Konsumen dalam memutuskan suatu pembelian dipengaruhi oleh kesempurnaan produk dan persepsi positif nilai produk yang menentukan harga produk. Penelitian ini dilaksanakan guna mengkaji pengaruh kualitas produk, persepsi dan harga terhadap keputusan pembelian pada Service Point Oriflame 1774 Sekayu, baik secara simultan maupun parsial. Penelitian kuantitatif metode survey ini, rumusan masalahnya asosiatif berbentuk hubungan kausal/sebab akibat. Populasi penelitian tidak diketahui jumlahnya. Sampel mempedomani saran Roscoe dalam analisis multivariate, sehingga sampelnya sebanyak 60 responden dengan teknik pengambilan sampel insidental. Data diuji validitas, reliabilitas, analisis regresi ganda, koefisien determinan, uji serentak dan uji parsial dengan bantuan IBM SPSS Statistic 24. Diperoleh persamaan regresi ganda: Y=28,869+0,445x1–0,212x2+0,134x3. Nilai koefisien determinan 0,393 artinya y mampu dijabarkan oleh x1, x2 dan x3 sebesar 39,3%, sisanya 60,7% dijelaskan faktor yang lain. Didapat Fhitung (12,090) > Ftabel (2,769) dan nilai signifikansi 0,000 < α(0,05) yang bermakna ada pengaruh signifikan x1, x2 dan x3 terhadap y secara simultan. Kualitas produk memiliki thitung (5,118) > ttabel (2,001), maknanya ada pengaruh parsial x1 terhadap y dan nilai Sig. t=0,000<α(0,05) bermakna ada pengaruh signifikan x1 terhadap y. Persepsi memperoleh nilai sig. t=0,038<α(0,05) bermakna x2 berpengaruh signifikan terhadap y. Harga mendapat thitung (1,376) < ttabel (2,001) artinya tidak terdapat pengaruh parsial x3 terhadap y dan nilai Sig. t=0,174>α(0,05) berarti tidak berpengaruh signifikan x3 terhadap y.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35334/jek.v13i01.2423

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ekonomika



Fakultas Ekonomi, Universitas Borneo Tarakan, Jl. Amal Lama No. 1 Tarakan. Kalimantan Utara.

Email: ekonomika@borneo.ac.id

Lisensi Creative Commons

Jurnal Ekonomika is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License