PENGARUH KONSUMSI ISLAMI KELUARGA MUSLIM SEJAHTERA TERHADAP PERILAKU KONSUMSI SEDERHANA DENGAN TEORI YUSUF AL-QARADHAWI (STUDI KASUS DESA KOTO IMAN KABUPATEN KERINCI)

Dafiar Syarif, Rezki Agrisa Ditama, Muhammad Fauzi, Wiyan Mailindra, Mursal Mursal, Hendra Lardiman

Abstract


Berangkat dari teori Engel dan beberapa penelitian lainnya bahwa konsumsi non pangan naik jika terjadi tingkat kesejahteraan. Data Kabupaten Kerinci menunjukkan rendahnya konsumsi pangan sedangkan angka kesejahteraan tinggi. Hal ini perlu dilakukan lebih lanjut tentang bagaimana Perilaku Konsumsi Rumah Tangga Muslim Sejahtera di Desa Koto Iman Kec. Danau Kerinci dalam teori al-Qaradhawi. Tujuan penelitian untuk melihat realisasi konsumsi Rumah Tangga Muslim Sejahtera di Desa Koto iman Kec. Danau kerinci dan melihat perilaku konsumsi keluarga muslim sejahtera ditinjua dari teori Yusuf al-Qaradhawi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan ( field research .) ) dengan metode penelitian kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan perilaku konsumsi pada keluarga muslim sejahtera desa Koto Iman kabupaten kerinci dengan kategori sangat baik dan memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku konsumsi sederhana.


Full Text:

PDF

References


Al-Qaradhawi, Y. (1997a). Islam, Peran Nilai dan Moral dalam Perekonomian. rabbani pers.

Al-Qaradhawi, Y. (1997b). Norma dan Etika Ekonomi Islam. Gema Insanai Presss.

Al-Qaradhawi, Y. (2003a). Bagaimana Berinteraksi dengan Peninggalan Ulama Salaf. Pustaka alKautsar.

Al-Qaradhawi, Y. (2003b). Perjalanan hidupku 1. Pustaka alKautsar.

Al-Qaradhawi, Y. (2005). Halal dan haram dalam islam. Era Intermedia.

Alfin, M. (2016). Analisis perbandingan pola konsumsi pangan dan non pangan rumah tangga kaya dan miskin di kota makassar skripsi.

Alim. (2007). Muhammad.Pengantar Ilmu Ekonomi Islam. PUSTAKA.

Asy’ari. (2015). Filsafat Ekonomi Islam. Lembaga Studi Filsafat Islam.

Bahar, M. (2001). Metode Ijtihad Yusuf al-Qaradhawi dalam Masalah-masalah kontemporer. Iain Syarif Hidayatullah.

Bahri, A. (2014). Etika Konsumsi dalam perspektif Ekonomi. Hunafa: Jurnal Studi Islamika, 11(2), 347–370.

Bamigboye, G. O., Ede, A., & Adeyemi, G. (2016). Impact of Economic Crisis on Education: Case Study of Southwest Nigeria. INTED2016 Proceedings, 1(March), 2893–2896. https://doi.org/10.21125/inted.2016.1650

Economou, C., Kaitelidou, D., Kentikelenis, A., Sissouras, A., & Maresso, A. (2014). The impact of the financial crisis on the health system and health in Greece. World Health Organization and European Observatory on Health Systems and Policies, Copenhagen, Denmark. WHO Regional Office for Europe. http://www.euro.who.int/__data/assets/pdf_file/0007/266380/The-impact-of-the-financial-crisis-on-the-health-system-and-health-in-Greece.pdf

Hasan, Z. (2013). Yusuf al-Qaradawi dan Sumbangan Pemikirannya. Global Journal Al-Thaqafah, 3(1), 51–66.

Jaramillo, L., & Chailloux, A. (2015). It’s Not All Fiscal: Effects of Income, Fiscal Policy, and Wealth on Private Consumption. IMF Working Papers, 15(112), 1. https://doi.org/10.5089/9781513584744.001

Jovanovic-Toncev, M., Jovanovic, D., Malicanin, M., & Dimitrijevic, B. (2016). Push and pull factors determing wine tourism development in the “Tri Morave” sub-region. Ekonomika Poljoprivrede, 63(3), 781–800. https://doi.org/10.5937/ekopolj1603781j

KURNIA SARI, A. (2013). Pengaruh Citra Merek dan Keluarga terhadap Keputusan Pembelian Honda Beat. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 1(1).

Lovia, W. (2017). Perilaku Konsumen ibu Rumah Tangga Pegawai negeri Sipil Kota Sungai Penuh (Studi Analisis Ekonomi Islam). Institut Agama Islam negeri (IAIN) Imam bonjol Padang.

Madaniyah, J., Hermawan, A., Tinggi, S., Islam, A., & Sembilan, W. (2016). I’JAZ Al -QURAN DALAM PEMIKIRAN YUSUF AL-QARDHAWI Adik Hermawan 1. 2, 201–220.

Mayasari, D., Noor, I., & Satria, D. (2018). Analisis Pola Konsumsi Pangan Rumahtangga. 18(1).

Nugraheni, R. D. (2018). Pengaruh Kelas Sosial Terhadap Perilaku Konsumen (Studi Pada Pembelian Rumah di PERUM PERUMNAS Cabang Mojokerto Lokasi Madiun). Equilibrium, 6(1).

Nurlaela, A. (2016). Peranan Lingkungan Sebagai Sumber Pembelajaran Geografi Dalam Menumbuhkan Sikap Dan Perilaku Keruangan Peserta Didik. Jurnal Geografi Gea, 14(1), 40–48. https://doi.org/10.17509/gea.v14i1.3361

Rozalinda. (1999). Ekonomi Islam (Analisis Terhadap Gagasan Yusuf al-Al-Qaradhawi ). Universitas Islan negeri Imam Bonjol Padang.

Setiadi, N. J. (2003). Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motiv, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Kencana.

Solomon, M. R. (2017). Consumer Behavior- Buying, Having, and Being. person education.

Statistik, B. P. J. (2018). No Title.

Statistik, B. P. J. (2019). Jumlah Penduduk Miskin (Ribu Jiwa), 2017-2019. https://jambi.bps.go.id/indicator/23/944/1/jumlah-penduduk-miskin-.html

Badan Pusat Statistik Kerinci, (2018).

Suantara, I. G. P. E., Artana, M., & Suwena, K. R. (2014). Pengaruh Selera Dan Harga Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Sepeda Motor Honda Di Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Ekonomi UNDIKSHA, 4(1), 1–10.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. alfabeta.

Wardani, N. A. P. K. (2012). Analisis Konsumsi Rumah Tangga Berdasarkan Keluarga Sejahtera Dan Prasejahtera Di Kecamatan Colomadu Kabupaten Kabupaten Karanganyar. Skripsi.

Watkins, P. C., Khathrane Woddward, Stone, T., & Kolts, R. L. (2003). Gratitude and Happiness.Pdf. In Social Behavior and Personality (Vol. 31, Issue 5, pp. 431–452).

Y.P, N. M. S. (2008). Diversifikasi konsumsi pangan pokok berbasis potensi lokal dalam mewujudkan ketahanan pangan rumahtangga pedesaan di kecamatan semin kabupaten gunung kidul. Ekonomi Pembangunan, 13(1), 60.

Yakup, D., & Sevil, Z. (2011). An impirical study on the effect of family factor on consumer buying behaviours. Asian Social Science, 7(10), 53–62. https://doi.org/10.5539/ass.v7n10p53

Yuliati, L. N., Retnaningsih, R., & Aprilia, D. (2012). Pengaruh Kelompok Acuan terhadap Kesadaran dan Konsumsi Beras Merah (Oryza nivara). In Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen (Vol. 5, Issue 2, pp. 166–174). https://doi.org/10.24156/jikk.2012.5.2.166




DOI: https://doi.org/10.35334/jek.v14i01.2548

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ekonomika

Indexed By


Mailing Adress

Fakultas Ekonomi, Universitas Borneo Tarakan, Jl. Amal Lama No. 1 Tarakan. Kalimantan Utara.

Email :  jurnalekonomikafeubt@gmail.com

Website : http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/ekonomika


Lisensi Creative Commons
Semua publikasi di Jurnal Ekonomika dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .