TYPOLOGY MILLES-SNOW SEBAGAI STRATEGI BISNIS UMKM DIMASA PANDEMI COVID-19

Syahran Syahran, Fitriania Puspitasari

Abstract


 Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang jenis strategi menurut Milles dan Snow pada UKM di Kota Tarakan. Memilih strategi yang tepat untuk dilakukan saat menghadapi perubahan kondisi lingkungan saat ini, seperti pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah 10 UKM di kota Tarakan. Pemilihan UMKM dilakukan dengan memilih kriteria yang sesuai dalam penelitian ini, kriteria yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah UMKM yang memiliki modal 5-10 juta, dan mengalami penurunan omzet. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa UKM yang dapat bertahan dari pandemi COVID-19 adalah UKM yang menerapkan strategi prospector. Yang ditandai dengan selalu berinovasi, kreatif dan inovatif terhadap produk yang dimiliki. Kemudian dilanjutkan dengan strategi defender dan analyzer. UMKM yang menggunakan strategi tipe reaktor dinilai tidak mampu menghadapi perubahan lingkungan secara optimal, yang ditandai dengan tidak berinovasi, dan tidak mampu bersaing dengan kompetitor.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35334/jek.v14i01.2575

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ekonomika



Fakultas Ekonomi, Universitas Borneo Tarakan, Jl. Amal Lama No. 1 Tarakan. Kalimantan Utara.

Email: ekonomika@borneo.ac.id

Lisensi Creative Commons

Jurnal Ekonomika is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Cool Text: Logo and Graphics Generator