ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA MANAJERIAL DENGAN BUDAYA ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING

Yohanna Thresia Nainggolan, Charitin Devi, Sulistya Rini Pratiwi, Meylin Rahmawati

Abstract


   

Penelitian ini ialah penelitian asosiatif kausalitas. Tujuan penelitian ini menguji pengaruh partisipasi anggaran, gaya kepemimpinan, komitmen organisasi dan motivasi kerja terhadap kinerja manajerial dengan budaya organisasi sebagai variabel moderating. Populasinya ialah Perusahaan Daerah Pasar Kota Medan dengan menggunakan metode sensus yaitu semua populasi menjadi sampel, yaitu Kepala Pasar dan Wakil Kepala Pasar yang ada di 51 Pasar Kota Medan. Jenis data yang digunakan ialah data primer. Penelitian ini menggunakan pendekatan regresi linear berganda. Hasil penelitian memperlihatkan: (1) Secara parsial, partisipasi anggaran dan motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja manajerial sedangkan gaya kepemimpinan dan komitmen organisasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial pada Perusahaan Daerah Pasar Kota Medan, (2) Secara simultan, partisipasi anggaran, gaya kepemimpinan, komitmen organisasi dan motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial pada Perusahaan Daerah Pasar Kota Medan, (3) Budaya organisasi mampu memperkuat hubungan antara partisipasi anggaran terhadap kinerja manajerial tetapi tidak dapat momederasi hubungan antara gaya kepemimpinan, komitmen organisasi dan motivasi terhadap kinerja manajerial pada Perusahaan Daerah  Pasar Kota Medan.

 

Kata kunci: Kinerja Manajerial; Partisipasi Anggaran; Gaya Kepemimpinan; Komitmen Organisasi; Motivasi Kerja dan Budaya Organisasi


Keywords


Kinerja Manajerial; Partisipasi Anggaran; Gaya Kepemimpinan; Komitmen Organisasi; Motivasi Kerja dan Budaya Organisasi

Full Text:

PDF

References


Ghozali, Imam. (2013). AplikasiAnalisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisiketujuh. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Hidayah, N dan Fauziah. (2010). Pengaruh Partisipasi Anggaran terhadap Kinerja Manajerial dengan Komitmen Organisasi sebagai Variabel Moderating. Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis,Vol.7.

Julyalahi,E. (2017). Pengaruh Partisipasi Anggaran, Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja dan Kompensasi terhadap Kinerja Manajerial Pada SKPD Kabupaten Bintan. Jurnal Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Mahoney, T.A., T.H. Jerdee dan S.J. Carroll, . (1963). Development of Managerial performance: A Research approach. Cincinnati. OH: Southwestern publishing Co.

Mardiasmo. (2004). Otonomi Daerah dan Manajemen Keuangan Daerah. Andi.Yogyakarta.

Moeheriono. (2009). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi . Ghalia Indonesia. Jakarta .

Pramudyaningrum, C. (2014). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Sistem Imbalan Terhadap Kinerja Manajerial Melalui Kepuasan Kerja Marketing Bank (Studi Empiris Pada Perbankan di Semarang). Jurnal Akuntansi.Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Katolik Soegijapranta.

Robbins, S dan Coulter,M. (2010). Manajemen. Edisi Kesepuluh. Erlangga. Jakarta.

Robbins, S dan Judge. (2013). Perilaku Organisasi.Alih Bahasa Drs. Benyamin Molan.Salemba Empat. Jakarta.

Solema., R. (2012). Pengaruh penganggaran partisipatif terhadap kinerja manajerial dengan yang budaya organisasi dan gaya kepemimpinan variabel moderating. Jurnal Siasat Bisnis Vol 16 No 1. Fakultas Ekonomi Universitas Khairun Ternate.

Sugiyono. (2012). Statistik untuk Penelitian. Penerbit Alfabeta. Bandung.




DOI: https://doi.org/10.35334/jek.v14i1.2694

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL EKONOMIKA



Fakultas Ekonomi, Universitas Borneo Tarakan, Jl. Amal Lama No. 1 Tarakan. Kalimantan Utara.

Email: ekonomika@borneo.ac.id

Lisensi Creative Commons

Jurnal Ekonomika is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License