GAYA HIDUP, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SOFA PADA BINTANG JAYA MEBEL BANDUNG

Afifah Tsany, Adi Suparwo

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh gaya hidup, harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian sofa di Bintang Jaya Mebel Bandung. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian imajinatif dan menekankan pada sistem kuantitatif. Objek penelitian ini adalah pembeli Bintang Jaya Furniture Bandung dengan sampel 96 responden. Teknik pengujian dalam penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling dengan metode insidental. Penilaian data yang digunakan pada penelitian ini yaitu penilaian ulang langsung. Hasil penelitian menunjukan secara parsial faktor gaya hidup, harga dan kualitas produk tidak mempengaruhi keputusan pembelian sofa di Bintang Jaya Furniture Bandung. Sedangkan Gaya hidup, harga dan kualitas produk secara simultan mempengaruhi keputusan pembelian sofa di Bintang Jaya Mebel Bandung, dengan kontribusi pengaruh secara menyeluruh sebesar 24,4% sedangakan sisanya 75,6% keputusan pembelian dipengaruhi oleh faktor selain yang diulas dalam penelitian ini.

 

Kata kunci : Gaya Hidup, Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF

References


Afwan, M. T., & Suryono, B. S. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian dengan Citra merek Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Mebel Madina di Kota Banjarnegara). Diponegoro Journal of Management, 8(1), 1–13.

Agustin, D. R., Budiwati, H., & Irwanto, J. (2019). Pengaruh Gaya Hidup, Kualitas Produk dan Variasi terhadap Keputusan Pembelian Keputusan Pembelian Produk Peneng (Studi Kasus pada Konsumen CV MILI ARTA Lumajanga). Jobman: Journal of Organization and Bussines Management, 1(4), 17–21.

Ahmad Muanas. (2014). Pengaruh Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 2(1112–1115), 1–5.

Aini, E. N., & Andjarwati, A. L. (2020). Pengaruh Gaya Hidup Konsumtif dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 8(1), 17–27.

Amilia, S. (2017). Pengaruh citra merek, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian handphone merek xiaomi di kota langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 6(1), 660–669.

Anwar, I., & Satrio, B. (2015). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, Volume 4, 1–15.

Ardy, D. A. P. (2013). Pengaruh Gaya Hidup, Fitur, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Blackberry Curve 9300. Jurnal Ilmu Manajemen, 1(1), 223–233.

Febriansyah, A. (2019). Analisis Bea Masuk Dan Pajak Dalam Rangka Impor Sebagai Penentu Bagi Penerimaan Negara (Studi Kasus Pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean A Bandung Pada Tahun 2013-2018). Universitas Komputer Indonesia.

Kafidhin. (2017). Analisis Pengaruh Inovasi Produk Dan Sales Promotion Terhadap Keputusan Pembelian di Sandy Jaya Furniture Jepara. Jurnal Studi Manajemen Bisnis, 1.

Kotler, P., & Armstrong, G. (1995). Dasar-dasar Pemasaran. Intermedia.

Lingkan, M. (2016). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Samsung Mobile It Center Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, Vol.16(No.01), 493–502. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jbie/article/view/10913

Mahanani, E. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mataharimall. Com. Journal Ikhraith Humaniora, 2(1), 53–61.

Mukti, M. Y. D. (2015). Pengaruh Kualirtas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Mebel CV Jati Endah Lodoyo Blitar). Riset Mahasiswa Ekonomi (RITMIK), 2(1), 89–110.

Prastio, E. (2021). Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Furniture Kayu Jati (Studi Kasus Plaza Mebel Masrum Muaro Jambi).

Saladin, D. (2007). Intisari Pemasaran & Unsur-unsur Pemasaran. CV. Linda Karya.

SARI, R. D. K. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Word of Mouth Communication Terhadap Keputusan Pembelian Mebel Pada CV. Mega Jaya Mebel Semarang. Skripsi, 1–64.

Silaban, B. E., & Ardila, H. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Iphone. Jurnal Manajemen Bisnis, 2.

Somantri, B., Afrianka, R., & Fahrurrazi, F. (2020). Pengaruh Gaya Hidup dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk iPhone. Cakrawala Repositori IMWI, 3(1), 1–10.

Sudodo, Y., & Hakim, L. (2019). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Oriflame. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta.

Supangat, F. (2018). Pengaruh Kualitas produk, harga, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mebel Rukun Jaya Di Mangunrejo Ngadiluwih Kediri. Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri, 1–20.

Suparwo, A., & Rahmadewi, P. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Informasi Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Minat Beli Online Di Lazada. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 1(4), 446–456.




DOI: https://doi.org/10.35334/jek.v14i1.2982

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL EKONOMIKA



Fakultas Ekonomi, Universitas Borneo Tarakan, Jl. Amal Lama No. 1 Tarakan. Kalimantan Utara.

Email: ekonomika@borneo.ac.id

Lisensi Creative Commons

Jurnal Ekonomika is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License