ANALISIS STRATEGI BERSAING APOTEK PUTER BINTARO PADA ERA COVID-19

Erika Dwi Lestari

Abstract


Virus Covid-19 yang melanda dunia pada awal tahun 2020  juga dirasakan oleh Indonesia. Akibat dari adanya Covid-19 membuat dunia kesehatan menjadi ramai, hal ini juga berdampak pada pasar farmasi di Indonesia. Adanya keramaian di pasar farmasi membuat persaingan semakin ketat. Apotek Puter Bintaro merupakan salah satu apotek konvesional yang melayani bidang kefarmasian untuk masyarakat kawasan Bintaro. Dengan ramainya pasar farmasi akibat covid-19 dan seiring berkembangnya zaman dengan munculnya apotek online, membuat Apotek Puter Bintaro harus memiliki strategi bersaing. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bersaing yang dilakukan oleh Apotek Puter Bintari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deksriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi kasus. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Apotek Puter Bintaro telah menjalankan strategi five force porter dan memilih menggunakan strategi generik pendeketan fokus kepada para konsumennya.


Full Text:

PDF

References


Strategi Bisnis dan Kewirausahaan. Kencana.

Porter, M. E. (1997). Competitive Advantage : Creating and Sustaining Superior Performance (A. Dharma & A. Maulana, Eds.). J.

Prawiades. (2015). ANALISIS STRATEGI BERSAING INDUSTRI BISNIS FARMASI/APOTEK DI KOTA PEKANBARU ABTSRAK. In JOM FISIP (Vol. 2, Issue 2).

Siagian, S. (2004). Manajemen Stretegik. Bumi Aksara.

Starcey, R. D., & Mowles, C. (n.d.). Strategic Management and Organisational Dynamics. Pearson Education Limited.

Susesti, D. A., & Wahyuningtyas, E. T. (2021). PENDAPATAN SAHAM ABNORMAL PADA MASA TIDAK PANDEMI DAN PANDEMI COVID-19: STUDI PADA SUBSEKTOR FARMASI DAN TELEKOMUNIKASI.

Wany, E., Martyasari, V., Ismangil, & Prayinto, B. (2022). Pengaruh Financial Performance terhadap Stock Price di Era Pandemi Covid-19 Perusahaan Farmasi di Indonesia. Jurnal Media Mahardhika, 22, 386–404.




DOI: https://doi.org/10.35334/jek.v14i02.3212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL EKONOMIKA



Fakultas Ekonomi, Universitas Borneo Tarakan, Jl. Amal Lama No. 1 Tarakan. Kalimantan Utara.

Email: ekonomika@borneo.ac.id

Lisensi Creative Commons

Jurnal Ekonomika is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License