PENGARUH IKLAN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN ROKOK SAMPOERNA A MILD DI DESA BAILANGU

Ade Nia Suryani, Sri Gustini

Abstract


Untuk mengetahui pengaruh iklan dan citra merek terhadap keputusan pembelian konsumen rokok Sampoerna A Mild di Desa Bailangu baik secara parsial maupun simultan merupakan tujuan dari penelitian ini. Tipe penelitian deskriptif kuantitatif merupakan tipe penelitian yang digunakan. Rumus Malhotra digunakan untuk menentukan jumlah sampel penelitian dan teknik purposive sampling digunakan untuk mengambil sampel. Uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji t dan uji F dengan software SPSS digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian menyatakan baik secara parsial maupun simultan iklan dan citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen rokok Sampoerna A Mild di Desa Bailangu. Keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen menggambarkan seberapa jauh pemasar dalam usaha memasarkan produk ke konsumen.


Keywords


Iklan; Citra Merek; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Bandur, Agustinus (2013) Penelitian Kuantitatif, Desain dan Analisis Data Dengan SPSS. Jakarta: Budi Utama.

Gustini, Sri & Istiqomah (2021) Pengaruh Iklan dan Label Halal Produk Wardah Terhadap Keputusan Pembelian Komsumen di Desa Bandar Jaya Kecamatan Sekayu. Adminika 7 (1), 20-39, 2021.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller (2012) Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks.

Mangkunegara, Anwar Prabu (2015) Perilaku Konsumen. Edisi Revisi. Bandung: Revika Aditama.

Mindari, Ellisyah (2022) Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Service Poimt Oriflame 1774 Sekayu. Jurnal Ekonomika13(01), 131-146, 2022.

Nasir. 2007. Analisis Pengaruh Media Iklan Terhadap Pengambilan Keputusan Membeli Air Minum Kemasan Merek Aqua Pada Masyarakat Kota Palembang. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Manajemen: Universitas Muhamadiyah Palembang

Rangkuti Freddy (2015) Perilaku Konsumen Dan Strategi Pemasaran. Edisi Kesembilan. Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.

Roslina (2015) Marketing Dan Kasus-Kasus Pemilihan. Buku 1, Cetakan Kedua. Yogyakarta: Caps

Sugiyono (2015) Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Wibisono (2012) Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis. Edisi Kedua. Jakarta: Rajawali Pers.




DOI: https://doi.org/10.35334/jek.v14i02.3471

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL EKONOMIKA



Fakultas Ekonomi, Universitas Borneo Tarakan, Jl. Amal Lama No. 1 Tarakan. Kalimantan Utara.

Email: ekonomika@borneo.ac.id

Lisensi Creative Commons

Jurnal Ekonomika is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License