PERAN E-SERVICE QUALITY, HARGA DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN APLIKASI GRABFOOD

Meylin Rahmawati

Abstract


 Salah satu faktor yang menyebabkan masyarakat percaya akan pemenuhan kebutuhan hidupnya secara online yaitu karena adanya kualitas pelayanan dan harga yang ditawarkan sehingga menyebabkan suatu kepuasan yang akan didapatkan oleh konsumen. Kepercayaan konsumen merupakan kerelaan bergantung dengan partner melalui suatu kegiatan transaksi yang didalam diri partner kemudian diletakkannya keyakinan. Selain kualitas layanan, produsen juga harus memperhatikan kepuasan dari pelanggannya. Penelitian ini memfokuskan pada produk yang ditawarkan oleh Grab yaitu Grabfood sebagai sarana penyedia pemesanan makanan. Layanan Grabfood cukup berkembang dengan sangat pesat saat ini dikarenakan perkembangan teknologi yang memudahkan konsumen dalam memenuhi kebutuhannya. Penelitian ini bertujuan  mengetahui pengaruh dari kualitas layanan, harga dan kepercayaan pelanggan terhadap kepuasan pelanggan khusus pengguna jasa grabfood di Kota Tarakan. Metode analisis regresi linier berganda digunakan untuk menjawab hipotesis. Hasil menunjukkan bahwa variabel kualitas layanan, variabel harga dan variabel kepercayaan pelanggan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Artikel ini berkontribusi pada pengambilan keputusan dalam menentukan strategi pemasaran jasa transportasi online.

Keywords


Perceived Value; Kualitas Layanan; Strategi Pemasaran; Citra Perusahaan

Full Text:

PDF

References


Adi Adnyana, D. G., & Sri Suprapti, N. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Gojek di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana.

Alfian, R., & Gunadi, W. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Moda Transportasi Ojek Online (Studi Kasus pada Gojek/Go Ride di Kelurahan Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur). Jurnal Ilmiah M-Progress.

Ariyandi, R., Dahmiri, & Sari, N. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Gojek di Kota Jambi. Jurnal Dinamika Manajemen.

Bahrudin, M., & Zuhro, S. (2015). Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam.

Ghozali, I. (2016). Analisis Multivariate SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, & Armstrong, G. (2016). Dasar-dasar Pemasaran Jilid 1, Edisi Kesembilan. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat.

Mulyapradana, A., & Lazulfa, A. I. (2018). Tata Kelola Administrasi untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi di PT.BAM Kabupaten Tegal. Jurnal Institusi Politeknik Ganesha Medan.

Rahman, S., Santoso, P. H., Stevanie, S., & Rusmansyah, W. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Inovasi, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Gojek. Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis.

Rivai, A. K., Suneni, & Febrilia, I. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Transportasi Ojek Online GRAB. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia.

Rochim, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi pada Pelanggan Grab Bike SMA Islam Al-Azhar4). Jurnal STEI Ekonomi.

Sudirman, E., Agus, A. A., & Khaer, N. (2018). Perlindungan Hukum Bagi Pengguna Jasa Transportasi Online di Kota Makassar (Studi Pengguna Jas Grab Motor (Grabbike) di Lingkungan Fakultas Ilmu Sosial UNM). Jurnal Tomalebbi.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarsid, & Paryanti, A. B. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Grabfood (Studi Wilayah Kecamatan Setiabudi). Jurnal Ilmiah M-Progress.

Tjahyadi, R. A. (2006). Brand Trust dalam Konteks Loyalitas Merek:Peran Karakteristik Merek, Karakteristik Perusahaan, dan Karakteristik Hubungan Pelanggan-Merek. Jurnal Manajemen.

Tjiptono, F. (2012). Service Management Mewujudkan Layanan Prima . Yogyakarta: ANDI.

Tjiptono, F. (2016). Service Quality and Satisfaction. Yogyakarta: Andi offset.

Wulandari, S. R., & Susanti, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Online GRAB. Jurnal Manajemen dan Bisnis.




DOI: https://doi.org/10.35334/jek.v14i01.3554

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL EKONOMIKA



Fakultas Ekonomi, Universitas Borneo Tarakan, Jl. Amal Lama No. 1 Tarakan. Kalimantan Utara.

Email: ekonomika@borneo.ac.id

Lisensi Creative Commons

Jurnal Ekonomika is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License