PENGARUH FAKTOR PELAYANAN, PRODUK, DAN PENDIDIKAN TERHADAP MINAT NASABAH DALAM MENGGUNAKAN BANK SYARIAH DI INDONESIA

Muhammad Haris, Atina Shofawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh faktor pelayanan, produk, dan pendidikan terhadap minat nasabah dalam menggunakan bank syariah di Indonesia. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer yang didapat dari kuesioner secara online dengan teknik purposive sampling. Kriteria yang digunakan untuk memenuhi penelitian ini adalah nasabah bank syariah di Indonesia dan menggunakan produk tabungan wadiah. Dari kuesioner dan kriteria tersebut didapati sebanyak 102 responden yang memenuhi syarat yang kemudian akan dilakukan olah data menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dengan alat statistik IBM SPSS. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial variabel pelayanan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap minat nasabah sedangkan variabel produk dan pendidikan memiliki pengaruh signifikan terhadap minat nasabah. Secara simultan variabel pelayanan, produk, dan pendidikan memiliki pengaruh signifikan terhadap minat nasabah.

Kata Kunci: faktor, minat nasabah, bank syariah, regresi linear berganda.


Keywords


faktor, minat nasabah, bank syariah, regresi linear berganda

Full Text:

PDF

References


Ahyar, H., Juliana Sukmana, D., Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (H. Abadi (ed.)). CV. Pustaka Ilmu Group. https://www.researchgate.net/publication/340021548

Ayu, W. (2018). Pengaruh Fasilitas dan Pelayanan Terhadap Minat Nasabah Menabung di Bank Syariah (Studi pada Bank Syariah Mandiri KCP Teluk Betung Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung.

Badri, M. A. (2008). Sifat Perniagaan Nabi. Darul Ilmi.

Bakhri, S., Aziz, A., & Sarinah, R. (2020). Pengetahuan dan Motivasi untuk Menumbuhkan Minat Berinvestasi pada Mahasiswa. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 15(2), 60–73.

Damayanti, S. (2017). PENGARUH PANDANGAN ISLAM, PELAYANAN DAN KEAMANAN TERHADAP MINAT NASABAH UNTUK MENABUNG DI BANK SYARIAH MANDIRI CABANGX. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Data, 9(1). https://doi.org/https://doi.org/10.25105/jmpj.v9i1.1412

Darmawan, A., Dewi Indahsari, N., Rejeki, S., Rizqie Aris, M., Yasin, R., Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Purwokerto, P., & Studi Ekonomi Syariah Pasca Sarjana IAIN Purwokerto, P. (2019). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH MENABUNG DI BANK JATENG SYARIAH. Jurnal Fokus Bisnis, 18(01). https://doi.org/https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v18i1.296

Dasopang, K. H., & Rokan, M. K. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PRODUK PEMBIAYAAN TERHADAP MINAT DAN KEPUTUSAN MENJADI NASABAH DI BANK SYARIAH INDONESIA KCP. KOTAPINANG. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(6), 755–762. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i6.89

Daulay, A. N., & Ilhamy, M. L. (2016). Manajemen Perbankan Syariah: Pemasaran Bank Syariah. FEBI UIN-SU Press.

Desiana, D., Susilowati, D., & Putri, N. K. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Untuk Menggunakan Jasa Perbankan Syariah Di Kota Tasikmalaya. Akuntabilitas, 11(1). https://doi.org/10.15408/akt.v11i1.8135

Didin, K., & Imam, M. (2013). Manajemen Pendidikan Konsep dan Prinsip Pengelolaan dan Pendidikan. Ruzz Media.

Dubois, B., & Kotler, P. (1999). Marketing management. Publi Union.

Ghozali, I. (2009). Aplikasi analisis multivate dengan program spss. Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J. R. jr. . R. E. A. R. L. T. and W. C. B. (1998). Multivariate Data Analysis (5th ed.). Prentice Hall International, Upper Saddle River.

Hasibuan, F. U., & Wahyuni, R. (2020). Pengaruh Pengetahuan Masyarakat dan Minat Penerapan Nilai Islam Terhadap Keputusan Menggunakan Tabungan Perbankan Syariah (Studi Kasus Masyarakat Kota Langsa). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(1), 22–23.

Jalaludin, A. (2015). PENGARUH PENGETAHUAN KONSUMEN MENGENAI PERBANKAN SYARIAH TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH TABUNGAN WADIAH. Jurnal Ilmu Manajemen, 2(1).

Kemenag. (2022). quran kemenag. https://quran.kemenag.go.id/

Kotler, P. (2000). Manajemen Pemasaran. PT Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, P. (2002). Marketing Places. Pearson Education.

Maharani, R., Supriyanto, T., & Rahmi, M. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH (STUDI KASUS PADA BSI EX BSM) FACTORS AFFECTING READABILITY IN SAVING IN SHARIA BANK (CASE STUDY ON BSI EX BSM). In Jurnal Syarikah P (Vol. 7, Issue 2). www.bankbsi.co.id

Malik, J. A. (2018). Pengaruh Produk, Promosi, dan Service Exellence Terhadap Keputusan Menabung di Bank Syariah dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus BPRS Syariah KC Salatiga). IAIN Salatiga.

Manullang. (2008). Dasar-Dasar Manajemen. Ghalia Indonesia.

Marlina, L., & Rosdiana, G. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NON MUSLIM MENJADI NASABAH BANK SYARIAH DI TASIKMALAYA. Eqien: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 7(1), 33–40. https://doi.org/10.34308/eqien.v7i1.110

Mufidah, H. (2016). Pengaruh Pembiayaan Sektor Ekonomi Primer, Sektor Ekonomi Sekunder, dan Sektor Ekonomi Tersier Terhadap Non Performing Financing (NPF) Pada Perbankan Syariah di Indonesia 2010-2015 (Maret). Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan (JESIT), 3, 402–417.

Munajim, A., & Anwar, S. (2016). Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah. Jurnal Ilmiah Indonesia.

Mustajib, A. (2019). PENGARUH LITERASI KONSUMEN DAN TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH PADA BANK SYARIAH. Islamic Economic Studies, 3(1). http://riset-iaid.net/index.php/SE

Musthofa, M. A., & Musfiroh, M. F. S. (2022). Pengaruh Produk, Promosi Dan Gaya Hidup Terhadap Minat Menabung Siswa Pada Bank Syariah. Jurnal Akuntansi, Manajemen & Perbankan Syariah, 2.

Nur, E. R. (2015). Riba dan Gharar: Suatu Tinjauan Hukum dan Etika Dalam Transaksi Bisnis Modern. Al-’Adalah, 12(1).

Nurudin, Arifin, J., & Ma’ruf, A. (2021). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Literasi Keuangan Syariah, Dan Kebudayaan Terhadap Minat Menabung Santri Kota Semarang Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 2(1). http://e-journal.iainfmpapua.ac.id/index.php/elmudhorib

OJK. (1998). OJK. ojk.go.id

OJK. (2018). OJK.

OJK. (2019). Statistik Perbankan Syariah. www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/data-dan-statistik/statistik-perbankan-syariah/Pages/Staristik-Perbankan-Syariah---Desember-2019.aspx

OJK. (2021). Statistik Perbankan Syariah. https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/data-dan-statistik/statistik-perbankan-syariah/Pages/Statistik-Perbankan-Syariah---Desember-2021.aspx

Romdhoni, A. H., & Sari, D. R. (2018). Pengaruh Pengetahuan, Kualitas Pelayanan, Produk, dan Religiusitas terhadap Minat Nasabah untuk Menggunakan Produk Simpanan pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 4(02), 136. https://doi.org/10.29040/jiei.v4i02.307

Sahara, E. (2020). Pengharaman Riba Dalam Islam. Jurnal Ilmiah Al-Hadi.

Saputra, D. A., & Ghani, A. (2016). ANALISIS PENGARUH PENDIDIKAN DAN FAKTOR SOSIALTERHADAP PENGETAHUAN MASYARAKAT TENTANG BANK SYARIAH(STUDI KASUS DI DUSUN PANDEAN PUNDUNG WUKIRSARI IMOGIRI BANTUL). Jurnal Ekonomi Syariah Indonesiam, VI(1), 12–22.

Sastrawijaya, A. T. (1991). Pengembangan Program Pembelajaran. Rineka Cipta.

Slameto. (2010). Ekonomi Syariah. Rineka Cipta.

Sudarsono, H. (2008). Bank dan Lembaga Keuangan Syariah, Deskripsi dan Ilustrasi. Ekonisia.

Sugiyono. (2013). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF DAN R&D (19th ed.). Alfabeta.

Sumantri, B. (2014). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PRODUK PEMBIAYAAN TERHADAP MINAT DAN KEPUTUSAN MENJADI NASABAH DI BANK SYARIAH. Jurnal Economia, 10. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/economia.v10i2.7540

Suryani, T. (2017). Manajemen Pemasaran Strategi Bank di Era Global. Prenada Media.

Tuloh, S. H. (2021). Upaya Meningkatkan Profesionalisme Room Attendant Untuk Menunjang Kebersihan dan Kerapihan Kamar di Hotel Hyatt Regency Yogyakarta. Jurnal Pariwisata Indonesia, 16(2), 45–55.

Zeithaml, V. A., & Bitner, M. J. (1996). Service Marketing. McGraw-Hill Companies Inc.




DOI: https://doi.org/10.35334/jek.v15i02.4005

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JURNAL EKONOMIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Fakultas Ekonomi, Universitas Borneo Tarakan, Jl. Amal Lama No. 1 Tarakan. Kalimantan Utara.

Email: ekonomika@borneo.ac.id

Lisensi Creative Commons

Jurnal Ekonomika is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Cool Text: Logo and Graphics Generator