PENGARUH PRODUCT KNOWLEDGE, E–WOM, DAN KESADARAN MEREK TERHADAP MINAT PRODUK FASHION DI MARKETPLACE SHOPEE

Doan Simanjuntak, Audita Nuvriasari

Abstract


    Fast traslate Icon translate

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Product knowledge¸Electronic Word of Mouth, dan Kesadaran Merek terhadap Minat Beli Online produk fashion Roughneck1991 di marketplace Shopee. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden yang tertarik melakukan pembelian produk fashion Roughneck1991 secara online di marketplace Shopee. Teknik pengambilan sampel menggunnakan purposive sampling dengan instrument penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda dan uji hipotesa, maka hasil penelitian ini membuktikan bahwa: (1) Product knowledge berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli produk fashion Roughneck1991 di marketplace Shopee. (2) Electronic word of mouth tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli produk fashion Roughneck1991 di marketplace Shopee. (3) Kesadaran merek tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli produk fashion Roughneck1991 di marketplace Shopee.


Keywords


Product knowledge; Electronnic Word of Mouth, Kesadaran Merek; Minat Beli Online

Full Text:

PDF

References


Durianto, Darmadi. (2013). Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek (cet. ke-10). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran (Dasar dan Konsep). Pasuruan: Qiara Media

Haekal, M. E., Suharyono, & Yuliyanto, E. (2016). Pengaruh EWOM terhadap Kepergcayaan dan Keputusan Pembelian (Survei pada konsumen produkfashion Followers akun Instagram Erigostore). Jurnal ADBIS (JAB), Vol 40 No.2.

Hariono, L. (2019). Apakah E-Wom (Electronic Word of Mouth) Bisa Mengalahkan Wom (Word of Mouth) Dalam Mempengaruhi Penjualan Produk Kuliner. Competence : Journal of Management Studies, 12(1). https://doi.org/10.21107/kompetensi.v12i1.4946

I Made Ari Rismawan, N. M. P. (2017). PERAN PRICE DISCOUNT MEMODERASI PENGARUH PRODUCT KNOWLEDGE DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP PURCHASE INTENTION. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(1), 264–288.

Ismagilova, E. et al. (2017) Electronic Word of Mouth (eWOM) in the Marketing Context: A Stateof the Art Analysis and Future Directions. Springer International Publishing (SpringerBriefs in Business).

Kotler, Philip and Kevin L Keller. (2012). Marketing Management, 14th ed. Prentice Hall Internasional Inc. New Jersey

Manuarang, R. N. (2018). Pengaruh Product Knowledge Terhadap Purchase Intention (Survei pada Pengunjung Toko Buku UB Press, Kota Malang). (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Millenia, D. P., Siregar, W. S., & Fitri, N. (2021). Analisis Pengaruh Brand Awareness , Brand Image Dan Product Placement Terhadap Minat Beli Konsumen Kopiko Dalam Drama Korea Vincenzo. 580–588.

Muhammad, R. W., Rochaeti, E., & Setiawan, E. (2021). Pengaruh Media Social Marketing Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Pada Produk Sepatu Converse Pada Mahasiswa FEB Universitas Prof Dr Hamka. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 9(2), 31–40. https://doi.org/10.37641/jimkes.v9i2.451

Nikmatulloh, A. W. (2019). Pengaruh Kesadaran Merek, Kepercayaan dan Harga Terhadap Minat Beli Online pada Marketplace Bukalapak (Studi pada Pengguna Bukalapak di Kota Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis, 10(10), 837–848.

Pandelaki, B. K. M., Mandey, S. L., & Raintung, M. C. (2023). The Influence Of Electronic Word Of Mouth, Location And Price On Purchase Interest At R-Zone Cafe Langowan. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(1), 312–232.

Perreault, W., Cannon, J. and McCarthy, E. J. (2013). Basic Marketing: A Marketing Strategy Planning Approach. New York: McGraw-Hill.f

Pratama, S. Y., Hariyani, D. S., & Kadi, D. C. A. (2021). Pengaruh Faktor-Faktor Perilaku Konsumen Terhadap Minat Beli Produk Umkm Di E-Commerce (Study Kasus Pengguna E-Commerce Yang Berminat Membeli Produk Umkm Di Kota Madiun). Seminar Inovasi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi 3, 1(69), 5–24.

Prayugo, D. W. (2018). Pengaruh Komunitas Virtual Terhadap Minat Beli Online Pada Grup Facebook Bubuhan Samarinda. EJournal Ilmu Komunikasi, 6(1), 143–157.

Rahman, A., & Dewantara, R. Y. (2017). “Pengaruh Kemudahan Penggunaan Dan Kemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Minat Menggunakan Situs Jual Beli Online†(Studi Kasus Pada Pengguna Situs Jual Beli “Zâ€). In Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol (Vol. 52, Issue 1). https://id.techinasia.com

Rahmi, S. P., & Amalia, R. (2018). Pengaruh E-Wom Terhadap Citra Perusahaan Dan Dampaknya Terhadap Niat Beli Konsumen Pada Situs Online Shopee. Id. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 3(2), 75–84.

Resky, G. T. (2016). ANALISIS PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (e-WOM) TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PRODUK TAS DI INSTAGRAM RGFASHION STORE Oleh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 3(2), 1–12.

Ridwan, L. M., Solihat, A., & Trijumansyah, A. (2018). Pengaruh Product Knowledge dan Brand Association Terhadap Purchase Intention Kawasan Kampung Kreatif Dago Pojok. Jurnal Pariwisata, 5(1), 68–82. https://doi.org/10.31311/par.v5i1.3060

Rupayana, I. K., Suartina, I. W., & Mashyuni, I. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Impulse Buying. Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1(1), 233–247.

Sanita, S., Kusniawati, A., Lestari, M. N., Ekonomi, F., & Galuh, U. (2019). Pengaruh Product Knowledge dan Brand Image terhadap Purchase Intention (Penelitian pada PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis). Business Management and Entrepreneurship Journal 1(3), 169–184. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/bmej/article/view/2328

Saputra, I. K. A., & Widagda K, I. G. N. J. A. (2020). Brand Image, Product Knowledge, Dan Electronic Word Of Mouth Berpengaruh Terhadap Purchase Intention. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(3), 1129. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i03.p16

Sari, C. N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Pengetahuan Produk, Citra Merek Dan Label Bpom Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Masker Organik Green Tea (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).

Siagian, L. B. (2021). Pengaruh Product Knowledge Dan Brand Image Terhadap Purchase Intention (Study Pada Konsumen Toko Girlamours Di Medan).

Sintha Devi, R., & Simarsoit, F. (2020). Perlindungan Hukum Bagi Konsumen E-Commerce Menurut Undang-Undang No.8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. In Juli (Vol. 2, Issue 2).

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung

Wiranto, A., & Adialita, T. (2020). Pengaruh Green Product Knowledge, Green Trust Dan Perceived Price Terhadap Green Purchase Intention Konsumen Amdk Merek Aqua Dengan Botol 100% Recycled. Jurnal Administrasi Bisnis, 16(2), 174–184. https://doi.org/10.26593/jab.v16i2.4261.174-184

Yulinda Salsabila, A., & Hidayat Nugroho, R. (2022). Pengaruh Daya Tarik Iklan, Kemasan Produk, dan Kesadaran Merek terhadap Minat Beli Produk Tolak Angin pada Masyarakat Desa Kesamben Kabupaten Tuban. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(6), 1942–1957. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i6.1463




DOI: https://doi.org/10.35334/jek.v0i0.4119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JURNAL EKONOMIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Fakultas Ekonomi, Universitas Borneo Tarakan, Jl. Amal Lama No. 1 Tarakan. Kalimantan Utara.

Email: ekonomika@borneo.ac.id

Lisensi Creative Commons

Jurnal Ekonomika is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License