analisis strategi pengembangan ukm amplang bulan-bulan azzahra trk di kota tarakan

meylin rahmawati

Abstract


Abstrak : Usaha  amplang  ikan  bulan-bulan  Azzahra di Kota Tarakan merupakan salah  satu  usaha  rumah  tangga  yang  memproduksi  amplang  ikan bulan-bulan. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis strategi pengembangan amplang  ikan bulan-bulan Azzahra.  Berdasarkan hasil pembobotan menggunakan  alat analisis SWOT diperoleh  skor terbobot dari faktor internal dan eksternal.  Total nilai yang  diperoleh dari faktor internal yaitu strength 2,23 dan weakness 1,05 dan dari faktor eksternal  yaitu  opportunities 1,28 dan threats 0,98. Hal  tersebut menunjukkan faktor peluang yang dimiliki oleh UKM Amplang  Ikan Bulan-Bulan Azzahra lebih besar dari ancaman. Dapat disimpulkan  bahwa strategi  pengembangan  yang dapat digunakan yaitu strategi SO (Strength – Opportunities) dengan menggunakan kekuatan yang dimiliki untuk memanfaatkan  peluang  yang  ada.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35334/jek.v9i2.770

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ekonomika



Fakultas Ekonomi, Universitas Borneo Tarakan, Jl. Amal Lama No. 1 Tarakan. Kalimantan Utara.

Email: ekonomika@borneo.ac.id

Lisensi Creative Commons

Jurnal Ekonomika is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Cool Text: Logo and Graphics Generator