STRATEGI PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI COKLAT PADA UD. UIH KEC. LAMPA KAB. POLEWALI MANDAR

Zulkifli Basri, Nurhaya Kusmiah

Abstract


Abstract

Chocolate is a processed food derived from cocoa beans which is included in the complex food category, the type of chocolate can be classified according to its composition, where this processed food contains important components including total fat, total solids and total milk solids. Chocolate as a processed food is favored by consumers of all ages, so the demand for this product continues to increase, and the presence of chocolate products is one of the factors in increasing income. This study aims to analyze the business position and development strategies that can be applied to the industry based on its business position. The method used in this research is descriptive qualitative with data processing using SWOT analysis, IFAS/EFAS and AHP. Based on the research that has been done, the IFAS value is 1.89 and the EFAS matrix value is 1.83, where is the position of the chocolate industry business in quadrant II or product diversification. From the data obtained, it can be concluded that this business is nottoo good in terms of utilizing strengths to overcome weaknesses, and has not been able to take advantage of opportunities to overcome threats. The strategy offered is based on the IFAS/EFAS matrix, namely making product innovations that are in accordance with consumer needs, expanding partner cooperation and mentoring in order to increase human resource capacity.

Keywords : Chocolate, Agroindustry, SWOT, EFAS/IFAS

 

Abstrak

Cokelat merupakan makanan olahan yang berasal dari biji kakao yang termasuk dalam kategori pangan yang kompleks, jenis cokelat dapat diklasifikasikan sesuai dengan komposisinya, dimana makanan olahan ini mengandung komponen yang penting diantaranya total lemak, total padatan dan total padatan susu. Cokelat sebagai makanan olahan digemari oleh konsumen dari semua aspek usia, sehingga permintaan akan produk ini terus meningkat, dan keberadaan produk cokelat menjadi salah satu faktor  peningkatan pendapatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis posisi usaha dan strategi pengembangan yang dapat diterapkan pada industri berdasarkan posisi usahanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni deskriptif kualitatif dengan pengolahan data menggunakan analisis SWOT matriks IFAS/EFAS dan diagram analisis SWOT . Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh nilai pada matriks ifas sebesar 1,89 dan nilai  pada matriks EFAS yakni 1,83, dimana posisi  dari usaha industri coklat berada pada kuadran ii yang  menunjukkan kategori  diversifikasi produk. Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa usaha ini belum terlalu baik dalam hal memanfaatkan kekuatan untuk mengatasi kelemahan, dan belum mampu memanfaatkan peluang untuk mengatasi ancaman. Strategi yang ditawarkan berdasarkan analisis SWOT  matriks IFAS/EFAS dan diagram analisis SWOT  yakni membuat inovasi produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen, melakukan perluasan kerjasama mitra dan pendampingan dalam rangka peningkatan kapasitas SDM.

Kata kunci: Cokelat, Agroindustri, Analisis SWOT, IFAS/EFAS


Full Text:

PDF

References


BPS [Badan Pusat Statistik]. 2018 . Sulawesi Barat Dalam Angka 2018. Badan Pusat Statistik Sulawesi Barat. Sulawesi Barat.

Evalia, N. A. 2015. Strategi Pengembangan Agroindustri Gula Semut Aren. Jurnal Manajemen & Agribisnis, 12(1), 57-57.

Muhammad Arifin Yusuf Fiantoro.2016. Analisis Swot Untuk Menentukan Strategi Pengembangan Industri Batik. Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Surakarta

Nourlette, R. R., & Hati, S. W. 2017. Penentuan Strategi Dengan Pendekatan Analisis SWOT Pada Hotel Nongsa Point Marina & Resort Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 5(1), 82-102.

Nur Afni Evalia.2015. Strategi Pengembangan Agroindustri Gula Semut Aren. Journal.Ipb.Ac.Id /Index.Php/Jmagrnomor Doi: 10.17358/Jma.12.1.57. P-Issn: 1693-5853 E-Issn: 2407-2524

Pratiwi Anggraeni, Sunarti , M. Kholid Mawardi. 2017 .Analisis SWOT Pada UMKM Keripik Tempe Amel Malang Dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Jurnal Administrasi Bisnis (Jab) |Vol. 43 No.1 Februari 2017| Administrasi bisnis.Studentjournal.Ub.Ac.Id

Risdayani, 2016 . Strategi Pengembangan Usaha Cokelat Pasta Pada Industri Rumah Cokelat Di Kota Palu. Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Tadulako, Palu E-J. Agrotekbis 4 (3) : 361 - 368

Solihin, Ismail. 2012. Manajemen Strategik. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sumadiwangsa, 2008. Pengembangan Teknologi Pemanfaatan Hasil Hutan Nikan Kayu. Makala Seminar Nasional Prospek Hasil Hutan Nikan Kayu. Ipb, Bogor.

Suryatama, E. 2014. Lebih Memahami Analisis SWOT dalam Bisnis. Surabaya: Kata Pena.

Yani Subaktilah , Nita Kuswardani, Sih Yuwanti. 2018. Analisis Swot: Faktor Internal Dan Eksternal Pada Pengembangan Usaha Gula Merah Tebu (Studi Kasus Di Ukm Bumi Asih, Kabupaten Bondowoso). Teknologi Agroindustri, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Jember. Jurnal Agroteknologi, Vol. 12 No. 02




DOI: https://doi.org/10.35334/jpen.v5i1.2154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 J-PEN Borneo : Jurnal Ilmu Pertanian

      P-ISSN :                         E-ISSN :                                  Affiliation :

                           


Creative Commons License
All publications in J-PEN Borneo : Jurnal Ilmu Pertanian are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.