Perancangan Fuzzy Inference System metode Tsukamoto Pada Penentuan Status Gizi Balita Berdasarkan Antropometri Anak

Sugianti Sugianti, Dyah Mustikasari, Tri Sakti Budiono

Abstract


Permasalahan gizi terjadi di setiap siklus kehidupan, mulai sejak dalam kandungan (janin), bayi, anak, dewasa, dan usia lanjut. Periode dua tahun pertama kehidupan merupakan masa kritis dan perlu perhatian lebih guna mendukung pertumbuhan dan kesehatan di masa kehidupan berikutnya. Pemerintah Indonesia telah memberikan perhatian pada tumbuh kembang balita dengan memberikan layanan  Posyandu balita di setiap desa dengan pencatatan KMS untuk setiap balita. Menurut Peraturan Kementerian Kesehatan aturan standar kesehatan pada tumbuh kembang balita menggunakan standar Antropometri sebagai pegangan bagi petugas penyuluh kesehatan di masyarakat. Pada penelitian ini akan dibangun suatu sistem penentuan status gizi balita kurang gizi, gizi normal, dan obesitas menggunakan Fuzzy Inference System metode Tsukamoto dengan berlandasan pada aturan Antropometri sehingga dapat memudahkan petugas dalam menghitung status gizi balita tanpa harus membandingkan setiap hasil pengukuran tinggi badan, berat badan, dan usia balita dengan masing-masing tabel acuan Antropometri. Fuzzy Inference System metode Tsukamoto sebagai salah satu metode inferensi yang menggunakan perluasan dari penalaran monoton, dimana setiap konsekuen pada aturan IF-THEN harus direpresentasikan dengan suatu himpunan fuzzy dengan fungsi keanggotaan monoton. Sebagai hasilnya output hasil inferensi dari tiap-tiap aturan (rule) diberikan secara tegas sebagai  predikat, kemudian hasil akhir diperoleh dari rata-rata terbobot. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa dengan menggunakan sistem yang telah dibangun, dapat dilakukan penentuan status gizi balita dengan lebih mudah dan efisien berdasarkan aturan Antropometri anak.

Keywords


fuzzy; status gizi; antropometri; balita

Full Text:

PDF

References


H. S. M. H. Wahyudi Istiono, "Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Status Gizi Balita," Berita Kedokteran Masyarakat, vol. 25, no. 3, pp. 150-155, 2009.

M. K. R. Indonesia, "Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No 2 Tentang Standard Antropometri Anak," Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta, 2020.

A. Ali, "Clustering Data Antropometri Balita Untuk Menentukan Status Gizi Balita Di Kelurahan Jumput Rejo Sukodono Sidoarjo," Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, vol. 7, no. 3, pp. 395-407, 2020.

H. P. Sri Kusumadewi, AplikasiLogika Fuzzy Untuk Pendukung Keputusan, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010.

S. Kusumadewi, Artificial Intelligent (teknik dan aplikasinya), Jogjakarta: Graha Ilmu, 2003.

A. S. P. Alfian Romadhon, "Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Status Gizi Balita Menggunakan Metode Fuzzy Inferensi Sugeno( Berdasarkan Metode Antropometri)," Informatics Journal, vol. 1, no. 3, pp. 78-87, 2016.

P. F. W. Erni Susilowaty, "Hubungan Pemantauan Status Gizi Balita Dengan Kejadian Stunting: Literatur Review 2021," Borneo Student Research, vol. 3, no. 3, pp. 2504-2514, 022.




DOI: https://doi.org/10.35334/jbit.v4i1.5693

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

logo jbit

Address:

Gedung Dekanat, Fakultas Teknik, Universitas Borneo Tarakan. Jl. Amal Lama No. 1, Tarakan, Kalimantan Utara, Indonesia. Kodepos: 77123.
Email: jbit@borneo.ac.id

Creative Commons License

All publications

by JBIT (Jurnal Borneo Informatika dan Teknik Komputer)

are licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

External Link:
Official Web CE UBT