PEMANFAATAN TEKNOLOGI KOMPUTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA GURU MATEMATIKA

Moh Zayyadi, Lili Supardi, Septiyadini Misriyana

Abstract


Di daerah Tlanakan Pamekasan banyak para guru MTs yang hanya menggunakan media secara manual saja dalam pembelajaran yang dilakukannya. Ada beberapa alas an, diantaranya, kurangnya pengetahuan mereka dalam penggunaan aplikasi komputer untuk menciptakan suatu media yang berbasis teknologi. Solusi yang dapat diberikan untuk permasalahan yang dialami oleh guru matematika tersebut adalah dengan memberikan pelatihan dengan memanfaatkan aplikasi/program komputer sebagai media/alat pembelajaran. Aplikasi tersebut berupa software geogebra dan maple yang nantinya bisa diterapkan oleh para guru. software seperti ini sudah banyak diaplikasikan sebagai alat pembelajaran di berbagai sekolah negeri. Target yang ingin dapat meningkatkan pemahaman guru tentang peranan media pembelajaran pada umumnya dalam pembelajaran matematika, khususnya yang berbasis teknologi dan Meningkatkan keterampilan guru dalam menggunakan Geogebra dan Maple  untuk membuat media pembelajaran matematika virtual. Hasil temuan dalam kegiatan ini adalah Kegiatan pengabdian mendapatkan respon positif dari guru-guru matematika SMP/MTs dikarenakan dapat membantu guru-guru dalam mengerjakan soal matematika dan Kegiatan pengabdian ini berbentuk teori dengan memberikan modul pada setiap peserta dan kegiatan praktek dengan mengoperasikan aplikasi Geogebra dan Maplesoft serta menyelesaikan soal-soal matematika dengan mengggunakan aplikasi tersebut.

Keywords


Teknologi Komputer, Media Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Latuheru, D. J. 1988. Media Pembelajaran dan Proses Hasil Belajar Mengajar Masa Kini. Jakarta: Depdikbud Dikti P2LPTK.

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Virginia: The NCTM, Inc.

Ruseffendi. 1988. Pengajaran Matematika Modern dan Masa Kini untuk Guru dan SPG, Seri Kedua. Bandung: Tarsito.

Sudjana, Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. 2002. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Zayyadi, 2014. Pengaruh Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir terhadap Hasil Belajar. Interaksi Kependidikan. 9 (1).




DOI: https://doi.org/10.35334/jpmb.v1i2.298

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JPMB (Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN : 2579-9797

P-ISSN : 2615-4323

Contact Person:

Gusriani: 082188737351

Email : jpmb.ubt@gmail.com

Website : http:// jurnal.borneo.ac.id/index.php/jpmb

Â