Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Borneo Journal Of Biology Education (BJBE)?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Petunjuk Umum

  1. Ketentuan penulisan manuskrip dalam Jurnal Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Medan mengacu pada Publication Manual of the American Psychological Association (APA Style)
  2. Manuskrip dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dengan menggunakan kaidah tata bahasa yang baik dan benar. Penulisan manuskrip dalam bahasa Inggris umumnya dalam bentuk past tense.
  3. Manuskrip yang ditulis dalam bahasa Inggris atau penulis yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris, harus dikirim ke English Editor terlebih dahulu untuk diperiksa tata bahasa Inggrisnya.
  4. Manuskrip ditulis dalam format MS Word dengan ukuran halaman A4 (210 x 297 mm), single-column dengan layout teks sesederhana mungkin. Dianjurkan untuk hanya menggunakan fasilitas penulisan yang disediakan dalam MS Word (bold, italics, subsripct, superscript, equation, dll).
  5. Semua bagian teks dalam manuskrip ditulis dengan menggunakan huruf Times New Roman.
  6. Panjang manuskrip ilmiah hendaknya berkisar antara 4000 kata atau kurang lebih 8-12 halaman, termasuk gambar, grafik dan tabel (jika ada) yang menyertainya.
  7. Gambar dan tabel hanya untuk menerangkan hal-hal yang tidak mudah diterangkan dalam teks. Harap dipastikan bahwa kualitas dan ukuran gambar yang disajikan cukup memadai untuk menghasilkan kualitas cetak yang baik.
  8. Penulis yang naskahnya akan dimuat pada Jurnal Pendidikan Biologi, hanya akan menerima 1 eksemplar cetak lepas naskah tulisannya. Jika penulis membutuhkan lebih dari 1 eksemplar, maka penulis harus membayar sesuai dengan ketentuan.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

ni merupakan kebijakan editorial jurnal untuk tidak menoleransi adanya plagiarisme (termasuk self plagiarisme). Naskah akan diperiksa menggunakan aplikasi Plagiarism Checker X dan akan ditolak jika ditemukan. Editorial jurnal telah menetapkan ambang batas maksimum 20% similaritas dalam naskah dengan artikel yang telah diterbitkan. Penulis disarankan untuk memastikan bahwa nilai similaritas tidak lebih dari ambang batas maksimum. Untuk penulisan abstrak dalam bahasa Inggris, kami menggunakan apliasi Grammarlyuntuk menguji ketepatan penulisan dan similaritas abstrak tersebut.

Copyright

Penyerahan naskah menyiratkan bahwa karya yang diserahkan belum pernah diterbitkan sebelumnya (kecuali sebagai bagian dari tesis, laporan, atau abstrak). Naskah tidak dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain. Penerbitannya telah disetujui oleh semua penulis bersama. Jika dan kapan naskah diterima untuk publikasi, penulis masih memegang hak cipta dan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan. Penulis atau orang lain diperbolehkan untuk melipatgandakan artikel selama tidak untuk tujuan komersial. Untuk penemuan baru, penulis disarankan untuk mengelola patennya sebelum diterbitkan.

Open Access

Jurnal ini berkomitmen untuk membuka akses bebas yang tidak membebankan biaya kepada pembacanya atau lembaga mereka. Pembaca berhak membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikel, selama tidak untuk tujuan komersial. Jenis lisensi adalah CC-BY-4.0.

Disclaimer

Tidak ada tanggung jawab yang dikenakan kepada Penerbit atau oleh editor untuk kesalahan dan/atau kerusakan pada naskah sebagai akibat dari pernyataan pencemaran nama baik atau dugaan pencemaran nama baik, pelanggaran hak kekayaan intelektual atau privasi, atau kewajiban produk, baik akibat kelalaian atau sebaliknya, atau dari penggunaan atau operasi ide, instruksi, prosedur, produk atau metode apa pun yang terkandung dalam materi di dalamnya.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.